Sosialisasikan Tertib Lalin di Depan Terminal Klari - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sosialisasikan Tertib Lalin di Depan Terminal Klari

Sosialisasikan Tertib Lalin di Depan Terminal Klari

Written By Mang Raka on Sabtu, 30 April 2016 | 13.00.00

KLARI, RAKA - Tertib berlalulintas di ruas Jalan Raya Klari, persis di depan Terminal Klari, perlu disosialisasikan. Kegiatan itu dianggap penting karena selama ini tinggi pelanggaran lalulintasnya di ruas jalan tersebut. Sementara upaya yang dilakukan petugas pun terkesan tak berarti.

Pemerhati masalah lalu lintas, Saefudin, mengatakan itu, belum lama ini. Warga Klari itu  menilai sosialisasi berkelanjutan adalah hal yang perlu dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat agar mematuhi rambu-rambu lalu lintas. "Peningkatan kesadaran masyarakat perlu dilakukan agar tertib berlalu lintas terwujud, terutama di depan Terminal Klari Kecamatan Klari, dengan banyaknya masyarakat yang melawan arus menuju Jalan masuk perumahan Citra Kebun Mas (CKM)," ujar Saefudin.
Kondisi itu  diperparah dengan banyaknya pengguna jalan yang melawan akan meningkatkan angka kecelakaan lalu lintas, serta menyebabkan kemacetan parah. "Kami menginginkan peningkatan kesadaran masyarakat meningkat dalam berlalu lintas," katanya.
Saefudin menambahkan, banyaknya anggota Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Karawang yang melakukan penjagaan dengan menarik distribusi di sekitar terminal, akan tetapi para pengguna jalan menerobos dengan lawan arah jalan. Pihak kepolisian lalu lintas seharusnya melakukan penilangan agar membuat jera masyarakat yang melanggar lalu lintas, serta menjaga di depan terminal Klari. Sementara itu, peningkatan angka kecelakaan lalu dikarenakan kecerobohan melanggar lalu lintas.
Penyebab kemacetan di depan gang masuk perumahan CKM, dilanjutkan dia, karena bertemunya dua arah yang berlawanan, sehingga menimbulkan kemacetan parah. Kemacetan parah terutama pada jam kerja, banyak bus karyawan yang menaikan karyawan sebelum masuk jalan CKM. Para pelanggar lalulintas harus segera ditertibkan, agar kecelakaan lalulintas dapat diminimalisir secara dini.
Bahkan terkait itu, beberapa waktu lalu aparaat kepolisian Karawang menggelar sosialisasi di ruas tersebut. Sosialisasi disertai penilangan itu berharap guna menciptakan kesadaran masyarakat. Kegiatan itu sendiri merupakan salah satu upaya kongkrit pihak kepolisian lalulintas, agar memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk mentaati aturan dalam berlalu lintas, seperti menggunakan helm berstandar nasional Indonesia (SNI). Data yang dihimpun RAKA, alasan pengguna jalan cenderung enggan menggunakan helm, lantaran terburu-buru atau karena jarak tempuh yang dekat. Hal tersebut sangat disayangkan karena helm pada dasarnya dapat melindungi benturan jika terjadi kecelakaan. (ari)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template