Siswa SMK PGRI Cikampek Buat Mebeler Sendiri - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Siswa SMK PGRI Cikampek Buat Mebeler Sendiri

Siswa SMK PGRI Cikampek Buat Mebeler Sendiri

Written By Mang Raka on Rabu, 27 April 2016 | 17.00.00

KOTABARU, RAKA- Kebutuhan mebeler bagi sekolah sering menjadi persoalan. Tapi bagi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI Cikampek nampaknya tidak terjadi, karena peserta didiknya bisa membuat bangku dan meja sendiri dengan menggunakan bahan dasar besi dan kayu.
"Kami buat mebel sendiri, yang membuatnya siswa jurusan TPMI. Sudah ada 3 ruang kelas yang meja dan bangkunya merupakan produk dari siswa," ujar Kepala SMK PGRI Cikampek, Drs H Yana Budi Sofyan, MPd, kepada RAKA, Selasa (26/4).
Dia menyampaikan, ini sudah berlanjut beberapa tahun ke belakang. Produk mebeler yang dihasilkan cukup bagus, bahkan lebih bagus daripada sekolah membeli mebel kayu ke tukang mebel. Produk yang dihasilkan juga membuat para peserta didik makin terampil dengan jurusan yang diembannya. "Minimal untuk komptensinya, dipelajaran ada pengelasan. Walaupun anak belum ahli benar minimal dasarnya sudah bisa," paparnya.
Irbab Mukhorobin, Kepala Jurusan TPMI SMK PGRI Cikampek, siswa yang dilibatkan membuat kursi dan meja untuk kebutuhan sekolah adalah mereka yang duduk dibangku kelas XI. Mereka melakukan PKL selama 3 bulan dibengkel TPMI SMK PGRI Cikampek. "Kalau PKL diluar belum tentu linear dengan jurusannya. Tapi kalau disini sudah pasti linear yah. Jadi mereka bisa meningkatkan kemampuan sesuai program studinya," ujarnya.
Lebih lanjut dia menjelaskan, untuk bidang studinya teknik mesin, kompetensi keahliannya teknik pemeliharaan mekanik industri (TPMI). Adapun lama PKL yang dibutuhkan adalah selama 3 bulan, dengan waktu masuk tiap harinya pukul 7 sampai pukul 16.30 WIB. "Tentunya selain selain bengkel bagian perkakas tangan dan pengelasan. Kami juga punya mesin bubut untuk prakteknya," ujarnya.
Terkait kursi dan meja yang dibuat oleh peserta didik, sementara ini masih diperuntukan kebutuhan internal sekolah. Tapi kalau dari pihak luar ada yang memesan, pihaknya siap untuk memenuhi pesanan tersebut. "Untuk harganya relatif yah, tergantung bahan. Tapi dikisaran Rp350 ribu sampai Rp500 ribu perset (2 kursi 1 meja)," ujarnya.(zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template