Siswa SMA Juga Bisa Masuk Dunia Industri - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Siswa SMA Juga Bisa Masuk Dunia Industri

Siswa SMA Juga Bisa Masuk Dunia Industri

Written By Mang Raka on Sabtu, 30 April 2016 | 13.00.00

KARAWANG,RAKA- Selama ini, siswa yang ingin langsung bekerja usai lulus sekolah, cenderung memilih SMK daripada SMA ketika masuk ke jenjang pendidikan menengah. Namun, hal itu kedepan tidak akan berlaku lagi. Karena di SMA kedepan para siswa bakal dilatih dunia kerja, sehingga setelah lulus bisa langsung terjun ke dunia industri.
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang dalam waktu dekat berencana akan melayangkan surat edaran kepada kepala sekolah (kepsek) terkait pembentukan ekstrakulikuler khusus di SMA baik negeri maupun swasta. Hal ini dilakukan sesuai dengan arahan yang disampaikan Wakil Bupati Karawang, Akhmad Jamaksari beberapa waktu lalu.
"Ide dari Pak Wabup kami rasa bisa jadi aktivitas baru di sekolah," ujar Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Kabid Dikmen) Disdikpora Karawang, Nandang Mulyana.
Selain bisa menjadi aktivitas baru siswa di sekolah, Nandang menganggap pembentukan ekskul khusus itu bisa menciptakan image baru bagi setiap SMA. Sehingga akan muncul ketertarikan masyarakat terhadap SMA swasta. Sebab selama ini, kata Nandang, masyarakat  Karawang masih banyak yang menganggap sekolah swasta sebelah mata. Itu terbukti saat pelaksanaan penerimaan peserta didik baru setiap tahunnya. "Perusahaan di Karawang banyak. Nanti ada pemetaan terlebih dulu. Jadi seluruh SMA harus jalin kerjasama dengan pabrik. Kalau kebutuhan terkait lainnya itu nanti bergantung teknisnya saja," kata Nandang.
Bahkan kata Nandang, akan banyak manfaat lain jika ekskul khusus seputar dunia industri kepada siswa SMA. Sehingga nantinya siswa yang sekolah di SMA juga mempunyai skill khusus di bidang teknik tertentu dan bisa bersaing dengan siswa SMK.(ega)?
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template