Sindikat Jadikan Karawang Tempat Tadah Motor Curian - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sindikat Jadikan Karawang Tempat Tadah Motor Curian

Sindikat Jadikan Karawang Tempat Tadah Motor Curian

Written By Mang Raka on Selasa, 19 April 2016 | 11.00.00

KARAWANG, RAKA - Kapolres Karawang AKBP Andi M Dicky mensinyalir para sindikat pencurian sepeda motor telah menjadikan Karawang sebagai pusat penjualan sepeda motor curian.  Sepeda motor hasil curian dari berbagai daerah dikirim ke Karawang kemudian dilengkapi dokumen  aspal (asli tapi palsu) sebelum kemudian dijual kembali ke daerah lain.

Sinyalemen Andi ini bukan tanpa dasar. Berdasarkan hasil pemeriksaan atas pengungkapan penyelundupan 8 sepeda motor yang akan dikirim ke Sumatera menggunakan truk, terbukti bahwa barang-barang itu dikumpulkan dari hasil curian di berbagai daerah seperti Jakarta Bekasi dan Jakarta. Setelah di Karawang, sepeda motor tersebut dilengkapi dengan berbagai dokumen seperti STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan BPKB (Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor).
Menurut Andi, semua dokumen itu aspal (asli tapi palsu). Artinya, kertas dalam dokumen itu asli yang dikeluarkan Polri. Namun tulisan yang ada dalam STNK dihapus menggunakan cairan kimia kemudian diganti dengan tulisan lain. Guna mengantisipasi maraknya motor bodong di Karawang polisi, kata Dicky akan melakukan razia di jalan raya. Jika dalam razia tersebut ditemukan motor bodong pemiliknya akan ditindak sesuai hukum pidana pasal penadahan. “Jadi saya ingatkan kepada pemilik motor bodong jika terjaring operasi mereka akan kena sanksi tegas karena kita anggap sebagai penadah,” terangnya, kemarin.
Dijelaskam Dicky, sindikat curanmor ini memiliki jaringan di berbagai kota dengan berbagi tugas,  ada yang mencuri motor, mengurus surat-surat, menampung motor hingga menjual kembali keluar daerah. Setiap daerah menjalankan fungsinya berdasarkan peran dan kemampuan masing-masing. “Mereka ini terorganisir dan juga cukup canggih menjalankan operasinya. Untungnya kita bisa cepat mengungkap kasus ini, selain itu dalam pengungkapan sebelumnya diketahui jika para pelakunya memang komplotan dan beberapa pelaku lainnya hingga saat ini masih dalam pengejaran anggota kami di lapangnan," jelasnya. (ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template