Semen Garuda Dijarah Warga - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Semen Garuda Dijarah Warga

Semen Garuda Dijarah Warga

Written By Mang Raka on Jumat, 22 April 2016 | 14.00.00

*Petani Tuntut Ganti Rugi Padi Rusak

TELUKJAMBEBARAT, RAKA - Gara-gara sopir mengantuk dan tidak bisa mengendalikan laju kendaaan hingga truk B 9907 XO sarat semen oleng sebelum akhirnya terguling ke sawah. Akibatnya, semen garuda milik PT Juishin Indonesia inipun berhamburan ke jalan. Warga yang menyaksikan langsung berdatangan dan secara spontan mengambilnya dengan karung-karung bekas.

Peristiwa itu terjadi Kamis (21/4) di Kampung Pasir Jengkol, Desa Wanasari. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut namun mengakibatkan sebagian lahan sawah tertimbun semen. Peristiwa yang berlangsung dini hari itu sempat menimbulkan kegaduhan. Warga sekitar lokasi yang mendengar suara ribut langsung berhamburan ke lokasi kejadian.
Namun warga mendadak senang begitu tahu yang terguling ternyata truk pengangkut semen garuda milik PT Juishin Indonesia. Apalagi setelah menyaksikan timbunan semen dari kantung-kantung semen yang terkoyak. Sementara di lokasi kejadian baik sopir maupun kernet truk kabur entah kemana dan meninggalkan truknya dalam keadaan setengah terguling.
Sementara bubuk semen berhamburan dan  mengotori area pertanian warga. Warga khawatir jika tidak cepat dibersihkan kalau sudah mengeras akan menjadi batu. Makanya, karena merasa timbunan semen sudah tidak berguna wargapun berinisiatif membersihkannya dengan memindahkan bubuk semen tersebut ke dalam karung-karung dan membawanya pulang ke rumah masing-masing.
Di katakan H.Sarjudin, dirinya tidak mengetahui persis perihal kejadiannya akan tetapi dirinya mengetahui warga yang mengambil semen di lokasi itu pada pagi harinya. "Saya tidak mengetahui secara detail perihal kejadian itu, dan sepertinya kejadian itu pada dini hari dan tidak banyak orang yang melihat kejadian itu. Namun warga dan saya sendiri merasa ada kesempatan menyelamatkan semen agar tidak mubazir dan dibawanya pulang supaya bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar," ucapnya.
Sementara di tempat terpisah, Sahibun (30) warga yang tengah mengambil semen sisa dari kendaraan truk yang masuk ke sawah menuturkan, jika dirinya hanya ikut-ikutan mengais rezeki dengan mengambil semen dari kecelakaan tersebut. Bahkan dirinya menceritakan perihal kejadian kecelakaan itu dari informasi warga yang lainnya karena si pengemudinya tidak mengalami luka serius. "Kapan lagi bisa dapat semen gratis mumpung ada peluang. Bukan saya saja yang mengambil semen tapi dari pagi buta warga sudah banyak yang mengambil semen yang tumpah ke sawah milik warga bernama H.Rojak," akunya.
Sementara, pemilik dan pengawas persawahan yang tertumpah semen menandaskan, dirinya berharap adanya penggantian dari perusahaan dengan ganti rugi yang layak agar sawahnya yang tertumpah semen bisa seperti sedia kala lagi. "Saya sih yang penting awalnya juga tidak ada masalah dan padi saya baik-baik saja, makanya saya pingin seperti itu lagi agar saya tidak merugi. Kalau sudah kena semen, tanah pasti mengeras, ya itu mah mau perusahaan semennya atau perusahaan mobilnya yang penting ganti rugi saja," tutupnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template