Semarak Perayaan Hari Kartini - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Semarak Perayaan Hari Kartini

Semarak Perayaan Hari Kartini

Written By Mang Raka on Jumat, 22 April 2016 | 11.30.00

- Dari Lomba Fashion Show Hingga Guru Jadi Petugas Upacara

KARAWANG,RAKA- Hari Kartini yang jatuh setiap 21 April kemarin, diperingati dengan beragam oleh insan pendidikan. Ada yang menggelar lomba kreatifitas siswa hingga ada guru yang menjadi petugas upacara. Seperti yang dilakukan oleh Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tarbiyatussibyan dan SDN Cikampek Barat 2.
Di MI Tarbiyatussibyan yang beralamat di Desa Sukamakmur, Kecamatan Telukjambe Timur, peringatan Hari Kartini berlangsung meriah. Dalam acara yang disatukan dengan peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW ini, berbagai perlombaan digelar, mulai dari lomba baca puisi, fashion show, miss Kartini, hingga lomba pidato. "Ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Alhamdulillah sekarang bisa berjalan dengan meriah," kata kepala MI Tarbiyatussibyan, H Darmatin S.Ag, M.Si, saat memberikan sambutan.
Meski persiapan mepet, lanjut dia, tapi acara berjalan lancar dan siswa serta orangtua siswa pun hadir dengan penuh antusias. Tapi baginya, perlombaan tersebut tak hanya sebagai ajang untuk mencari juara saja, tapi ada hal yang lebih penting, yaitu melatih kepercayaan diri siswa untuk tampil di depan publik. Juri kegiatan juga diambil dari luar guru MI, untuk menunjukan netralitas. "Anak-anak tampil dengan percaya diri dan lancar membaca puisi maupun pidato serta fashion show. Ini yang lebih penting dari sekedar hanya mengejar piala. Supaya anak-anak tidak grogi dan menunjukan kemampuannya di depan umum," paparnya.
Peringatan berbeda dilaksanakan di SDN Cikampek Barat 2. Di sekolah ini, sejumlah guru menggelar upacara peringatan Hari Kartini di halaman sekolah. Pelaksana upacara ini diisi oleh guru perempuan mulai dari pembacaan UUD 45, sampai pengibar bendera dan petugas lainnya. Hal itu menunjukan bahwa wanita pun bisa seperti yang dilakukan laki laki  pada umumnya. "Wanita Indonesia harus mampu dan bisa berdiri sendiri dengan tidak menghilangkan kodrat nya sebagai wanita  tidak harus dilakukan oleh kaum lelaki  wanita Indonesia harus mempunyai wawasan yang luas serta mempunyai pengetahuan yang cukup," kata Kepala SDN Cikampek Barat 2, Dra Hj Yayah Maemunah.
Cita-cita Kartini, kata Hj Yayah, tidak hanya ditunjukan pada wanita semata, tetapi seharusnya dipahami juga kaum laki-laki agar tidak bertindak serta memperlakukan semena-mena terhadap perempuan dengan alasan apapun. "Perempuan, juga butuh dihormati, dan menghormati perempuan salah satu caranya dengan menempatkan mereka tidak pada posisi marginal terlebih di era globalisasi," pungkasnya.(asy/ega)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. Alhamdulillah, anak saya dapat juara I Miss Kartini MI Tarbiyatussibyan

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template