Sektor Pariwisata Belum Digarap Maksimal - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sektor Pariwisata Belum Digarap Maksimal

Sektor Pariwisata Belum Digarap Maksimal

Written By Mang Raka on Rabu, 20 April 2016 | 13.30.00

CILAMAYA, RAKA - Destinasi wisata Karawang yang banyak dari mulai pegunungan, pesisir laut, candi sampai sejarah perjuangan Indonesia bahkan wisata kuliner memiliki andil  besar penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD), terlebih pariwisata tidak mengeruk tanah atau gunung, melainkan pariwisata justru melestarikan alam dan lingkungan untuk terus ada. "Pariwisata itu lestari tanpa merusak alam, di Karawang ini sangat berpotensi," kata pemuda asal Cilamaya, Yudi Yudistira kepada RAKA.
Menurutnya, kekayaan alam seperti migas di Karawang memang berlimpah, tetapi akan habis karena tergolong Sumber Daya Alam (SDA) yang tidak dapat diperbaharui. Kondisi ini  berbeda dengan wisata, karena pariwisata diyakininya tidak akan pernah habis seperti barang tambang tersebut. Dirinya menyebut, banyak daerah bisa kaya sebab hasil dari ikon Pariwisata.
Oleh sebab itu, tambahnya,  Pemerintahan Karawang harus mampu mengoptimalisasikan wisata yang berada di Karawang sebagai penambah  Pendapatan Anggaran Daerah (PAD). Artinya, peranan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata pada dasarnya sangat penting dalam membuat inovasi dan kreatifitas untuk menarik para wisatawan. Tidak hanya itu dirinya juga menyentil Dinas Cipta Karya yang memiliki andil besar untuk memperbaiki sarana infrastruktur yang buruk di Karawang. Itu perlu dilakukan,  agar wisata-wisata yang ada di Karawang dapat dinikmati dengan baik oleh masyarakatnya. "Tinggal kemauan Dinas Pariwisata dan Ciptakarya saja yang berbenah untuk bisa menyedot wisatawan datang ke Karawang," ujarnya.
Lebih jauh, ia juga menambahkan, implikasi ekonomi yang disumbang sektor Pariwiisata sudah jelas dan bisa dirasakan langsung masyarakat. Ia mencontohkan seperti  berdagang souvenir, menyiapkan home stay, oleh-oleh, kuliner dan lainnya. Karenanya, ia yakin, pariwisata menjanjikan untuk masa depan Karawang. "Ekonomi bagi masyarakatnya jelas, karena berimplikasi langsung untuk sektor perdagangan," pungkasnya. (fah)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template