SDN 4 Sukatani Juara Sumpitan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » SDN 4 Sukatani Juara Sumpitan

SDN 4 Sukatani Juara Sumpitan

Written By Mang Raka on Jumat, 22 April 2016 | 16.00.00

- Bakal Wakili Purwakarta ke Tingkat Provinsi

SUKATANI, RAKA - Siswa SD Negeri 4 Sukatani, meraih juara pertama lomba sumpitan dalam olah raga tradisional (Ostrad) yang digelar ditingkat kabupaten pekan kemarin. Dengan raihan tersebut, dapat dipastikan siswa kelas VI ini secara otomatis akan mewakili Kabupaten Purwakarta untuk berlomba ditingkat provinsi yang akan digelar beberapa waktu kedepan.
"Kemarin pas lomba di lapang Kecamatan Tegalwaru, saya kalau salah bersaing dengan Kecamatan Babakan Cikao," ujar Anggi Tapuji Padilah, siswa SDN 4 Sukatani, kepada Radar Karawang, Kamis (21/4).
Anggi mengatakan, untuk menjadi juara pertama dan menyingkirkan lawanya, butuh strategi khusus dalam memaikan sumpit. Selain mengatur nafas, insting dalam meniup sumpit juga harus diasah. "Saya lihat kemarin bayak yang salah dalam memegang sumpitan, makanya mereka salah sasaran," kata dia.
Dengan waktu latihan yang relatif singkat, anak ke 3 pasangan Ukat dan Nina Hendrayanti ini dapat menyingkirkan para pesaingnya dalam cabor sumpitan yang diikuti beberapa siswa dari perwakilan antar kecamatan. "Dua minggu saya dilatih main sumpitan sama guru. Dan akan saya buktikan kemampuan saya nanti ditingkat provinsi," tutur anak 12 tahun itu,
Di tempat yang sama, Dadang Hasanudin, guru sekaligus pembimbing siswa mengatakan, siswa berbadan gimpal ini memiliki kemampuan di atas rata-rata. Sehingga tak heran siswa kelas VI dapat meraih juara pertama. "Setiap latihan saya lihat Anggi memang cukup ulet dan cerdas dalam memainkan alat sumpitan," ujarnya.
Guru mata pelajaran olah raga ini menjelaskan, olah raga sumpitan merupakan olahraga baru yang ada dalam perlombaan ostrad di Kabupaten Purwakarta. "Memang baru sekarang sumpitan masuk cabor olah raga tradisional. Dan alhamdulilah siswa kami yang pertama mengangkat trofi juara pertama," terangnya.
Dia berharap, raihan yang capai siswanya ini dapat menjadi contoh bagi siswa-siswi SD 4 Sukatani. Pasalnya, sekolah dengan jumlah 143 siswa ini, akan mencari bibit-bibit baru guna mempertahankan tahta juara. "Anggi kan kelas 6 otomatis sebentar lagi keluar, saya harap generasi yang berikutnya dapat mempertahankan juara pertama ditahun depan," pungkasnya. (cr2)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template