Sadar Bersih Warga Cipanunda Rendah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sadar Bersih Warga Cipanunda Rendah

Sadar Bersih Warga Cipanunda Rendah

Written By Mang Raka on Kamis, 14 April 2016 | 14.30.00

TEGALWARU, RAKA - Kesadaran masyarakat di bantaran Kali Cipanunda Cikumpeni di Kampung Cirawa, Desa Cintawargi terhadap kebersihan rendah. Kendati menyadari  akibat membuang sampah ke sungai bisa menjadi penyebab meluapnya air namun mereka tetap melaklukan.  

Pantauan RAKA, Rabu (13/4) hampir semua terusan sungai masih banyak tumpukan-tumpukan sampah yang di buang masyarakat. Seperti dituturkan Hepi Yuliansih (29) di wilayah padat penduduk Kampung Cirawa, misalnya, memang pekarangan rumah mereka rata-rata padat sehingga tidak mempunyai tanah lebih. Sungai sebagai alternatif lain maka hal yang paling mudah adalah membuang sampah ke sungai. Ketika disinggung akibatnya jika membuang sampah di sungai, Hepi menuturkan, sungai ini kan dari dataran tinggi kan bisa terhanyut air sampai ke dataran rendah.
Sementara di tempat terpisah tokoh pemuda organisasi Pepeling Oban menuturkan, salah-satunya penyebab masyarakat sekitaran bantaran sungai membuang sampah ke sungai Cipanunda Cikumpeni adalah seperti menjadi suatu tradisi yang negatif akan tetapi sudah mengkristal. "Kegiatan membuang sampah ke kali adalah kebiasaan yang jelek akan tetapi menjadi lumrah. Cuma belum saja mengalami seperti kebanjiran di Jakarta," umpatnya.
Kata Oban, karang taruna sudah sering mengerjakan bersih-bersih sungai Cipanunda cikumpeni. "Kendati diberikan contoh, yang sering kita kerjakan serasa percuma karena itu berkangsung sementara saja. Kalau lagi acara bersih bersih, memang berhenti sih, tapi sore sedikit saja buang lagi," tukas Oban.
Sementara Kades Cintawargi, Aning, menjelaskan, sosialisasi dan kegiatan sering kita adakan dan kepedulian warga memang masih minim. "Kalau saja luas tanah pekarangan mereka luas mungkin akan membuat tempat pembuangan sampah keluarga. Cuma saja harus dipikirkan bersama bagaimana mengatasi permasalahan itu dengan baik dan ada solusi," ujar Aning.
Lanjut Aning, nanti dirinya akan mencoba melakukan konsolidasi dengan pihak kecamatan agar ada upaya yang konkrit tentang kesadaran membuang sampah di Masyarakat dan akan diadakan musyawarah di tingkat Muspika. "Akan lebih intensif lagi bagaimana mencari solusi yang terbaik sehingga bisa menghilangkan kebiasaan negatif itu," pungkas Aning. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template