Saatnya Serius Selesaikan Masalah Kemacetan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Saatnya Serius Selesaikan Masalah Kemacetan

Saatnya Serius Selesaikan Masalah Kemacetan

Written By Mang Raka on Senin, 11 April 2016 | 11.00.00

KARAWANG, RAKA - Pemerintah Karawang idealnya sudah harus serius memikirkan persoalan kemacetan yang terjadi di wilayahnya. Terutama di ruas Jalan Kertabumi, Tuparev dan Singadiredja, tiga ruas jalan yang menjadi langganan macet. Jika tidak dientaskan dari sekarang dikhawatirkan keadaan akan semakin bertambah parah.

Seperti diungkapkan Wijaya, pemerihati masalah lalulintas, baru-baru ini melalui surat elektroniknya. Secara teknis penyebab kemacetan di tiga ruas jalan tersebut sama yakni akibat parkir kendaraan di pinggir jalan. "Penyebabnya sama, yakni parkir liar yang terkadang hingga dua lapis di kiri dan kanan jalan, yang mengakibatkan penyempitan ruas jalan hingga mengakibatkan kemacetan," katanya.
Dia mencontohkan kemacetan yang terjadi di Jalan Singadiredja. Penyempitan jalan terjadi karena truk-truk beras yang parkir dan melakukan bongkar muat dipinggir jalan. akibat aktivitas tersebut lalulintas di jalan tersebut jadi terhambat. "Truk-truknya parkir di pinggir jalan, akibatnya badan jalan jadi sempit sementara untuk ruas jalan itu merupakan jalur padat lalulintas," ujarnya.
Kemacetan juga berlangsung bukan hanya di pusat kota tetapi merata hingga ke kota-kota kecamatan. Seperti Cikampek dan Rengasdengkok yang juga memiliki jalur-jalur macet permanen. Seperti jalan di depan Pasar Dengklok ataupun Pasar Kosambi. Dua ruas jalan itu merupakan jalur macet yang terjadi setiap hari. Itu belum termasuk sekolah-sekolah yang letaknya dipinggir jalan, itu juga penyumbang potensial kemacetan.
Hal lain yang patut diantisipasi terkait kemacetan adalah kebijakan pemerintah pusat yang tidak sejalan dengan usaha mengatasi kemacetan adalah begitu bebasnya (dipermudah) seseorang untuk memiliki kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, yang pada ujungnya menggunakan jalan. Sedang kemampuan kita (pusat maupun daerah) untuk menyediakan infrastruktur lalulintas sesuai dengan pertumbuhan kendaraan sangat terbatas. (ari)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template