Rawagempol Wetan Gelar Pelayanan Akte Kelahiran Gratis - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Rawagempol Wetan Gelar Pelayanan Akte Kelahiran Gratis

Rawagempol Wetan Gelar Pelayanan Akte Kelahiran Gratis

Written By Mang Raka on Rabu, 27 April 2016 | 14.30.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Ratusan masyarakat Rawagempol Wetan berbondong-bondong mendaftarkan diri dalam pelayanan pembuatan akte kelahiran gratis. Pelayanan langsung jadi itu dipusatkan di kantor Desa bersama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcatpil) Selasa (26/4).
Kades Rawagempol Wetan, H Udin Abdul Gani mengatakan, setiap tahun pelayanan pembuatan akte kelahiran digelar bergiliran. Setelah tahun-tahun sebelumnya pelayanan langsung di tempat ini digelar di kantor desa-desa tetangga, namun tahun ini dipusatkan di Desa Rawagempol Wetan dan Mekarmaya.
Dengan persyaratan seperti KK, KTP, Akta nikah dan keterangan saksi, masyarakat bisa langsung mengisi formulir pembuatan akte kelahiran secara gratis dan langsung menerima blankonya di hari yang sama. Ternyata, bukan saja anak-anak balita yang belum memiliki akte kelahiran, tetapi ada juga sepuh dan anak-anak muda yang selama ini belum memiliki Akte kelahiran. Untuk itu, pelayanan langsung di tempat ini sangat diparesiasinya, karena selain gratis, masyarakat bisa langsung pulang membawa blanko akte kelahirannya langsung karena petugas Disdukcatpil turun langsung ke desa. "Jelas sangat membantu, karena lebih dekat dan cepat," ujarnya.
Sebenarnya tambah Udin, ini merupakan ajuan dan dikabulkan pihak Capil agar warga di desa-desa bisa memiliki akte kelahiran. Ia berharap, pembuat akte kelahiran yang tidak dibatasi kuotanya ini bisa terus digelar setiap tahunnya. Disamping pihak desa terus menyisir RT/RW siapa saja diantara warga-warga yang belum memiliki akte kelahiran. "Pengennya kita ya setiap tahun ada, karena meskipun dilayani langsung ditempat, ya masih saja ada yang belum punya mah," ujar dia.
Kasie Kependudukan Kecamatan Cilamaya Wetan, Ibrahim mengatakan, awalnya memang setiap tahun pihak Catpil meminta kepada kecamatan menyiapkan masyarakatnya yang belum memiliki akte kelahiran. Selain ajuan, memang akhirnya catpil mengabulkan dan atas Kesepakatan bersama yang siap pelayanan langsung di tahun ini adalah Desa Rawagempol Wetan dan Mekarmaya ini digilir setiap tahun di desa-desa lainnya. Meski kedua desa itu yang dilayani, bukan berarti warga desa lainnya yang mendaftar ditolak. Hanya saja, khusus yang langsung jadi dan blankonya diserahkan prioritasnya adalah Rawagempol Wetan dan Mekarmaya. Pelayanan ini terus Ibrahim, sangat efektif, selain akses yang dekat karena langsung ditempat, juga sosialisasinya cepat diserap masyarakat. Bahkan, sebut Ibrahim, kedepan ditahun 2017, e-KTP juga bakal dilayani di desa langsung jadi. "Program catpil, kebetulan tahun ini yang siap itu dua desa ini, meskipun desa lain tetap bisa mendaftar, tapi prioritas ya desa yang ditunjuk dulu," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template