Ramai-ramai Melancong Saat Liburan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ramai-ramai Melancong Saat Liburan

Ramai-ramai Melancong Saat Liburan

Written By Mang Raka on Jumat, 22 April 2016 | 18.06.00

-Piknik Dibolehkan Asal Izin Dinas

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Jelang pengumuman kelulusan atau pelepasan siswa kelas XII tingkat SMA/SMK Sederajat, Pendidikan Menengah (Dikmen) Disdikpora Karawang mewanti-wanti semua sekolah tidak memaksakan kehendak menggelarnya di luar daerah tanpa seizin rekomendasi Dinas Pendidikan.
Meskipun tidak melarang memobilisasi siswanya untuk karyawisata, namun bagi orangtua yang keberatan agar tidak dipaksakan pihak sekolah.
Kabid Dikmen Disdikpora Karawang Nandang Mulyana mengungkapkan, pihaknya instruksikan semua kepsek SMA/SMK Negeri maupun swasta agar ada rekomendasi dari Disdikpora jika memobilisasi siswa jelang kelulusan keluar daerah, itu dilakukan. Ia kesampingkan istilah jika keluar daerah disebut sebagai kegiatan melancong atau piknik, tapi ia tegaskan bahwa siswa diajak karyawisata. Melihat obyek yang mungkin selama ini belum dilihat secara nyata supaya tidak terjadi Verbalisme, karena Karyawisata bagi siswa itu salah satu metode belajar. Namun, bagi masyarakat yang merasa keberatan sebaiknya tidak mengikutsertakan anaknya untuk karyawisata tersebut. "Bukan melancong jelang kelulusan, tapi Karyawisata, itu boleh selama ada izin dari dinas," ungkap dia.
Meski demikian, terus Nandang, bagi sekolah yang melaksanakan karyawisata, sebaiknya untuk bisa melakukan kontrol ketat di perjalanan wisata maupun tempat wisata terhadap siswa. Karena hal itu merupakan tanggungjawab pihak sekolah. "Bagi sekolah yang Karyawisata jangan lupa mengontrol ketat selama perjalanan dan di lokasi wisata," ujar dia.
Selain itu, beberapa SMA/SMK sudah mulai bertolak menuju luar daerah meskipun kelulusan belum diumumkan. Dalih Karyawisata menjadikan beban orangtua siswa bertambah. Selain mahal, kekhawatiran di perjalanan juga menghantui. Satu diantaranya yang sudah berangkat adalah SMK PGRI Lemahabang, sekolah yang berlokasi di Jalan Sukamaju Desa Lemahabang ini disebut melakukan kegiatan karyawisata Ke Bandung sejak Rabu (20/4) kemarin. "Iya kita ke Bandung kang," ungkap Wakasek SMK PGRI Lemahabang Yusuf Athojiri. (rud)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. terlalu birokrasi pak. mau piknik ajah harus ijin kumaha atuh

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template