Purwakarta Tidak Ramah Anak - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Purwakarta Tidak Ramah Anak

Purwakarta Tidak Ramah Anak

Written By Mang Raka on Senin, 18 April 2016 | 15.00.00

-Banyak Terjadi Pelecehan

PURWAKARTA, RAKA - Tingginya kasus pelecahan terhadap anak dibawah umur di Purwakarta, membuat Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mendorong Pemkab Purwakarta untuk membentuk Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA).
"Di Purwakarta belum ada LPKA, jadi anak-anak yang tersangkut hukum masih disatukan dengan orang dewasa," ungkap Sekretaris KPAI Kabupaten Purwakarta, Nunung Nurjanah kepada Radar Karawang belum lama ini.
Menurutnya, anak adalah bagian yang tidak terpisahkan dari keberlangsungan hidup manusia, dan keberlangsungan bangsa dan negara. UUD 45 secara tegas mengamanatkan bahwa negara menjamin hak setiap anak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang serta atas pelindungan dari kekerasan dan diskriminasi. "Keberadaan LPKA di Purwakarta sudah sangat mendesak, hal ini bisa menjadi perhatian para pemangku kebijakan," kata Nunung.
Lalu, lanjut Perempuan yang juga aktivis IPPNU itu, secara subtansi dari LPKA nantinya, mengenai keadilan restoratif dan proses diversi, pada prinsipnya dimaksudkan sebagai upaya untuk menghindarkan dan menjauhkan anak dari proses peradilan, penahanan dan pemenjaraan, perampasan kemerdekaan. "Dan pemidanaan terhadap anak hanya dapat dilakukan sebagai upaya terakhir, serta menghindarkan stigmatisasi terhadap anak," ujarnya.
Tokoh ulama Sempur KH Farid Abdulhay mengatakan, meningkatnya pelecehan terhadap anak dibawah umur, seharusnya dapat ditanggapi secara serius semua pihak. "Kalau berbicara siapa yang salah memang ini secara umum semuanya yang salah, karena manusia itu sendiri yang menjauhi majelis taklim karena kurangnya iman,'' ujarnya.
Pemilik pondok pesantren Al-Faridiyah Kecematan Plered ini meminta semua pihak untuk kompak dalam memutus mata rantai pelecehan anak dibawah umur. "Yang saya tahu sekarang pemerintah mengadakan Jumsih atau peduli kebersihan, saya harap tidak hanya di jalan saja,'' pungkasnya. (cr2)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template