Polisi Ringkus Pencuri Listrik - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Polisi Ringkus Pencuri Listrik

Polisi Ringkus Pencuri Listrik

Written By Mang Raka on Senin, 18 April 2016 | 13.00.00

KARAWANG, RAKA - Satuan Reserse dan Kriminal Kepolisian Resor Karawang menangkap basah tiga orang yang tengah melakukan pencurian listrik milik PLN di depan gerbang tempat pelatihan Satpam Bhakti Manunggal Karta di Kampung Kiara Hayam, Desa Margakaya, Kecamatan Telukjambe Barat, Sabtu (17/4) lalu.

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Kepolisian Resor Karawang, Dony Satria Wicaksono, menyatakan penangkapan ini bermula saat PLN, melakukan Operasi Penertiban Aliran Listrik atau yang biasa disebut OPAL di kawasan Kecamatan Teluk Jambe Barat pada Sabtu (16/4) sekira pukul 15.00 Wib lalu. Saat itu petugas PLN menemukan adanya sambungan listrik ke kabel listrik PLN yang tidak melalui meteran.
Setelah menemukan sambungan ini, kata Dony, para petugas PLN ini langsung memotong sambungan tersebut lalu melaporkan kejadian ini ke Polres Karawang, Polres Karawang pun akhirnya melakukan patroli dan investigasi di lapangan. "Sekitar pukul 20.30 ada masyarakat yang melaporkan ke pihak Kepolisian ada tiga orang yang melakukan penyambungan listrik di dekat gardu tempat pelatihan Satpam Bhakti Manunggal Karya, kami pun langsung menuju ke lokasi," katanya.
Dan benar saja kata Dony, ada tiga orang yang sedang melakukan penyambungan listrik, secara ilegal, tetapi Dony mengaku pihaknya tidak langsung menangkap para pelaku ini. "Kami mau pastikan dulu apakah para pelaku ini melakukan aksinya ilegal atau tidak, dan sekira 40 menit lakukan pengintaian, pada sekira pukul 21.30 kami menangkap para pelaku, dan memang mereka ini adalah profesional," ujarnya.
Menurut Dony mereka ini sepintas terlihat seperti pegawai PLN, bahkan helm yang digunakan oleh para pelaku sepintas seperti helm yang digunakan oleh tukang servis dari PLN, karena memiliki lampu. Ketiga pelaku ini adalah Nursijan (31), Sidik Sakti (30) dan Wahidin (18) dan ketiganya merupakan warga sekitar Kecamatan Telukjambe Barat.
 Guna penyidikan lebih lanjut ketiga orang ini langsung dibawa ke Mapolres Karawang.
Sementara barang bukti yang diamankan adalah, 2 tang jepit, 2 testpen, lampu senter kepala, isolasi warna hitam, dan kain lap untuk menghindari percikan listrik.
Akibat perbuatannya tersebut kata Dony para pelaku dijerat pasal 51 ayat 3, dan pasal 54 ayat 1 Undang-Undang Ketenagalistrikan dengan ancaman penjara maksimal 7 tahun. (ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template