PJT II Kerja Keras Basmi Eceng Gondok - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » PJT II Kerja Keras Basmi Eceng Gondok

PJT II Kerja Keras Basmi Eceng Gondok

Written By Mang Raka on Kamis, 28 April 2016 | 22.27.00

RENGASDENGKLOK, RAKA - Eceng gondok nyatanya masih menjadi masalah tak berkesudahan bagi Perum Jasa Tirta (PJT) II. Meskipun sudah berkali-kali diangkut, tanaman hama ini selalu saja datang dalam jumlah yang fantastis. Bahkan hingga menutupi seluruh permukaan irigasi dan menyumbat aliran air ke pesawahan.
Kepala Seksi PJT II Rengasdengklok, Dudung menjamin bahwa pihaknya tidak hanya berpangku tangan ketika melihat tanaman itu kian menggunung. Dia meminta warga bersabar dan tidak terus menuntut pengerukan eceng. "Intinya kami juga tidak diam saja dan setiap hari eceng itu selalu kami angkut. Hanya jika semua minta diangkut, kami juga tidak bisa, karena pegawai yang terbatas. Untuk saat ini kami sedang melakukan pengangkutan di Batujaya," ungkapnya.
Masih dikatakan dia, dalam kurun waktu hampir satu bulan saja tanaman hama ini sudah kembali membanjiri. Sedangkan masyarakat, kata dia, justru tidak membantu membersihkan dan hanya menuntut PJT II agar melakukan pengerukan. "Kalau boleh tahu kami tidak hanya memikirkan eceng saja banyak lagi program yang kami jalankan. Seperti saluran air dan pengerukan tanah juga belum selesai. Jadi jangan anggap bahwa PJT tidak peduli," katanya.
Gunungan eceng sepanjang irigasi Dengklok ini memang sudah makin menggila. Asep warga asal Warudoyong RT 01/02 Desa Rengasdengklok Utara Kecamatan Rengasdengklok yang biasa memanfaatkan air irigasi misalnya, ia terpaksa membersihkan sendiri eceng itu agar air bisa didapatkan. Sebab jika dibiarkan, pria ini mengaku kesulitan untuk mendapatkan air. Parahnya ribuan eceng gondok yang menumpuk tersebut tidak hanya menghalangi aktivitas warga yang mengandalkaan sumber air dari irigasi, bocah-bocah pun sengaja memanfaatkan pulau eceng itu untuk bermain. "Kalau mau ngambil air kami harus pindahkan dulu ecengnya. Mending sedikit ini mah banyak banget, udah gituh berat lagi karena sudah lama menumpuk. Lihat saja sampai bocah saja bisa ke tengah irigasi dan bahkan suka dijadikan tempat bermain saking padatnya eceng itu," katanya. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template