Petani KJA Kesulitan Jual Ikan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Petani KJA Kesulitan Jual Ikan

Petani KJA Kesulitan Jual Ikan

Written By Mang Raka on Kamis, 28 April 2016 | 12.30.00

- Dampak Penggusuran Pasar Ikan di Jakarta

PURWAKARTA,RAKA - Imbas dari penggusuran pasar ikan di penjaringan Jakarta Utara oleh pemprov DKI beberapa waktu lalu, dirasakan para petani ikan di Purwakarta. Pasalnya Pasar tersebut merupakan tujuan utama pengiriman ikan disejumlah wilayah tak terkecuali Purwakarta. Akibatnya, selain harga ikan merosot tajam, para petani mengaku sulit memasarkan ikan dengan jumlah besar.
Seperti yang dirasakan H Ece (56), petani kolam jaring apung PLTA Cirata. Dalam satu kali panen, sedikitnya hampir 5 ton ikan siap konsumsi dia keluarkan. "Sekarang bingung kita kirim kemana? Biasanya selalu ada yang ngambil buat dibawa ke pasar ikan di Jakarta," ujarnya, kepada Radar Karawang, Rabu (27/4).
Selain sulit memasarkan, petani yang sudah puluhan tahun menggeluti usaha ini, harga berbagai jenis ikan merosot tajam. Untuk jenis ikan mas turun dari awalnya Rp18 ribu perkilogram kini menjadi Rp 14 ribu, sedangkan untuk jenis ikan nila dari Rp14 ribu perkilogram. menjadi Rp10 ribu perkilogram. Bahkan ikan bawal yang menjadi ikon petani di Cirata itu turun menjadi setengah harga dari Rp 12 ribu kini menjadi Rp6.000 perkilogram. "Tetapi harga untuk pakan naik, awalnya Rp7.000 perkilogram sekarang jadi Rp8.000 perkilonya. Sudah hampir satu bulan kita kaya gini ya mau gimana lagi, kita rencana stop dulu terima benih ikan sampai harga stabil kembali," kata dia.
Hal serupa juga dirasakan H Ade Abdul Muhyi (27), petani ikan larva Kecamatan Plered. Biasanya ayah satu anak ini hampir setiap hari mendapat pesanan ikan dari sejumlah petani kolam jaring apung. "Sebelum harga turun ikan mas, nila dan bawal banyak yang pesan dari Cirata dan Jatiluhur sekarang susah dan saya juga bingung harus keluarin kemana,''kata dia.
Guna mencegah kerugian semakin besar, para petani kolam jaring apung (KJA) satu bulan terakhir mulai mengurangi pasokan ikan. (cr2)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template