Petani Diminta Waspadai Peredaran Pupuk Palsu - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Petani Diminta Waspadai Peredaran Pupuk Palsu

Petani Diminta Waspadai Peredaran Pupuk Palsu

Written By Mang Raka on Sabtu, 16 April 2016 | 13.30.00

LEMAHABANG, RAKA - Maraknya aksi penyelundupan pupuk memicu praktek kejahatan berupa pendistribusian pupuk palsu wajib diwaspadai. Pasalnya, jika petani lengah, maka imbas dari semua itu tentu saja hasil pertanian.
Fiqri Agni Yuntapi, Mahasiswa Unsika Karawang Fakultas Pertanian mengimbau kepada para petani untuk lebih waspada dengan adanya penyebaran pupuk palsu. Penyebaran pupuk palsu ini banyak terjadi saat musim petani sedang membutuhkan pupuk. "Masyarakat harus mewaspadai peredaran pupuk palsu, karena hampir di setiap wilayah ada penyebaran pupuk palsu yang namanya hampir mirip dengan pupuk yang asli," ujarnya.
Modus yang sering ia dengar, kata dia, pelaku melancarkan aksinya dengan menjual pupuk palsu itu langsung mendatangi di setiap rumah petani. Dengan berpura-pura karena pupuk tersebut belum laku dan pelaku tengah  sehingga dihimpit suatu kebutuhan sehingga dijual dengan harga yang lebih miring.
Pupuk palsu itu namanya hampir mirip dengan yang asli. Maka diperlukan kehati-hatian dan kewaspadaan petani dalam memilih pupuk. "Kalau tidak teliti pasti akan tertipu karena mirip sekali dari segi kemasan," terangnya.
Sehingga dengan banyaknya aksi penipuan itu, masyrakat diimbau agar ikut aktif melaporkan aksi tersebut kepada pihak berwenang. "Kita meminta kepada masyarakat juga turut aktif mengawasi peredaran pupuk palsu ini," pungkasnya. (fah)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template