Petani Babakan Cigeuntis Gagal Tanam - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Petani Babakan Cigeuntis Gagal Tanam

Petani Babakan Cigeuntis Gagal Tanam

Written By Mang Raka on Sabtu, 16 April 2016 | 14.30.00

PANGKALAN, RAKA - Intensitas hujan yang tinggi selama hampir 12 jam di Karawang Selatan membuat debit air sungai Cibeet mengalami pasang. Akibatnya hektaran lahan persawahan disana terendam air, Jumat (15/4).

Hampir enam hektare sawah milik warga Kampung Babakan Cigeuntis, Desa Mulangsari sudah memasuki musim tanam padi ke dua. Jika bibit padi terendam secara keseluruhan dan waktu terendamnya lama, maka daun padi menjadi busuk. Hal itu dikhawatirkan petani karena bisa menyebabkan pembusukan hingga bibit padipun akhirnya mati.
"Kalau sudah terendam lama, kami akan mengalami kesulitan dan dipastikan gagal tanam karena bibit padi mengalami kebusukan. Biasanya kami akan mengolah padi untuk bibit dari awal lagi agar bisa ditanam," ujar Adim (30) petani setempat. Ia menjelaskan resiko jika air merendam batang tanaman hingga waktu yang lama.
Hal senada diungkapkan Jaka (41), petani lainnya. Dia membenarkan hampir 6 hektare lahan sawah yang ada di wilayah tersebut kini terendam air. "Kami kecewa karena mesti mulai dari awal lagi untuk pembibitan padi," katanya.
Lain lagi H. Muhamad Bari (57), bibit padi bisa diselamatkan jika hanya terendam beberapa waktu saja dan tidak berjam-jam bahkan berhari-hari. Upaya untuk bisa mendapatkan hasil yang baik untuk bibit padi yang terendam akan percuma jika akar bibit mulai mengalami pembusukan. "Kalau di Babakan Cigeuntis beda, bibitnya sudah terendam lama dan untuk bisa diselamatkan nya pun tipis. Sementara petani sekitar hanya menunggu waktu saja hingga surut dan untuk bisa tanam maka petani yah buat bibit dari awal lagi untuk terus tetap menanam padi musim tanam ke dua saat sekarang ini," pungkasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template