Perusahaan Didesak Jadikan Sekolah Mitra - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Perusahaan Didesak Jadikan Sekolah Mitra

Perusahaan Didesak Jadikan Sekolah Mitra

Written By Mang Raka on Rabu, 27 April 2016 | 12.00.00

*Pemkab Wajibkan Armada Karyawan Plat T

KARAWANG, RAKA - Permasalahan limbah pabrik dan menjadikan sekolah sebagai mitra kerja mendapat sorotan serius kunjungan kerja (kunker) Wakil Bupati Karawang Ahmad Zamakhsyari, di PT Nipro dan PT Honda Prospect Motor, Selasa (26/4). Selain plat nomor armada perusahaan harus menggunakan plat Karawang yang hingga kini masih mengganggu pikiran wabup.

Kunjungan wabup yang akrab disapa Jimmy ini juga terkait upaya mensosialisasikan Peraturan Bupati No 8 Tahun 2016 turunan dari Perda Nomor 1 Tahun 2011, yang menyangkut kebijakan pemerintah dalam upaya pengurangan pengangguran dan penanganan limbah pabrik. Wabup dalam kunker kemarin didampingi Kepala Disnakertrans dan Kepala BPLH Karawang.
Dalam kunjungan kerja tersebut Jimmy menyoroti beberapa hal yang memang menjadi inti dalam Perbub No 8, mengenai persentase penerimaan karyawan asli putra daerah, penanganan limbah pabrik dan kegiatan CSR yang dilakukan oleh pihak perusahaan. Wabup menekankan kepada pihak perusahaan agar dapat memperioritaskan perekrutan putra daerah dengan persentase 60%.
“Turunnya Perbub ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memberikan kesempatan kepada putra daerah agar memiliki tempat di rumahnya sendiri yaitu Kabupaten Karawang. Karena itu saya menghimbau kepada jajaran direksi untuk terus meningkatkan persentasi penerimaan karyawan yang berasal dari Kabupaten Karawang. Mengenai proses perekrutan karyawan dan kualifikasi tenaga kerja hendaknya pihak direksi berdiskusi dengan disnakertas agar tenaga kerja asli karawang ini dapat di bina,” ujar Jimmy di hadapan direksi PT. Nipro.
Jimmy pun menghimbau agar pihak perusahaan dan pemerintah saling bersinergi dalam meningkatkan kualifikasi masyarakat Karawang dengan pembekalaan keahlian yang dapat di lakukan dalam kegiatan CSR, seperti pembinaan. “Sebagai upaya meningkatkan kualifikasi masyarakat Karawang agar sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan, cobalah pihak perusahaan melakukan CSR dibidang pendidikan dengan melakukan kemitraan kepada sekolah-sekolah tertentu dalam pendampingan dan juga pembekalan kepada siswa-siswa tersebut agar memiliki kualifikasi yang cukup di bidang tertentu,” kata Jimmy.
Tak lupa, Jimmy menyampaikan kepada kedua perusahaan tersebut agar tidak lalai dalam penanganan limbah pabrik sehingga tidak mencemari lingkungan. “Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa limbah pabrik dapat menyebabkan kerusakan lingkungan. Saya tak ingin ada perusahaan yang sembarangan dalam menangani limbah, karena hal tersebut berpengaruh besar dalam keadaan lingkungan di kemudian hari,” tegas Jimmy.
Tidak hanya itu Jimmy juga masih menyinggung soal plat nomor yang dipergunakan armada angkutan perusahaan. Pemkab Karawang mengeluarkan kebijakan yang mengharuskan seluruh armada angkutan karyawan di perusahaan industri di Karawang menggunakan plat nomor polisi Karawang. Kebijakan ini  tertuang dalam Perda No 1 Tahun 2011 tentang Ketenagakerjaan yang antara lain mengatur angkutan karyawan di perusahaan industri. "Saat ini masih banyak perusahaan industri yang masih menggunakan plat nomor dari luar Karawang. Padahal dalam kesehariannya bus angkutan karyawan ini beroperasi dan menggunakan fasilitas jalan raya di Karawang. Dengan keluarnya kebijakan ini diharapkan seluruh angkutan karyawan baik itu jenis minbus, elf ataupun bus harus menggunakan plat nomer Karawang," tegasnya. (dri/ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template