Pertumbuhan Ekonomi Tidak Merata - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Pertumbuhan Ekonomi Tidak Merata

Pertumbuhan Ekonomi Tidak Merata

Written By Mang Raka on Kamis, 28 April 2016 | 12.00.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Target Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mengejar pertumbuhan, sejauh ini memang mulai dirasakan. Namun, sayangnya, kesenjangan antara desa dan kota masih tinggi di Karawang.
Menurut pengusaha asal Desa Ciwaringin Kecamatan Lemahabang Yayan 'Doyok' Sopyan, pertumbuhan ekonomi acap kali menjadi patokan utama target pemerintahan. Karena lewat ukuran itu, apa yang sudah didapat Pemkab berupa Pendapatan Domestik Bruto (PDB) dari berbagai sumber ekonomi. Baik itu pajak, migas maupun presentase retribusi dikalikan dengan jumlah penduduk.
Dari sana terus Yayan, akan selalu muncul pertumbuhan yang menjadi patokan kemajuan ekonomi suatu daerah. Terlepas faktor inflasi setiap tahunnya, yang jelas memiliki pertumbuhan di atas 3 persen saja, Pemkab Karawang dianggap berhasil menopang sendi ekonomi masyarakat. Padahal, pertumbuhan itu nyata-nyata tidak diiringi pemertaaan hak-hak masyarakatnya. "Kejar pertumbuhan ekonomi sih memang rumusnya, tapi pemerataan itu jauh lebih penting," ungkap dia.
Yayan menambahkan, meningkatnya daya beli masyarakat bukan berarti pengangguran hilang. Dari sini, pemkab seharusnya tidak menyekat ekonomi desa dan kota karena hak-hak warga desa atau kelas menengah kebawah sangat rentan terpuruk kembali karena latar belakang pendidikan dan keahlian.
Maka saran alumni STIE Budi Pertiwi ini, pemerataan yang dimaksud adalah memberikan perlindungan hak bagi semua warga Karawang untuk memiliki pendidikan yang layak, kesehatan yang baik dan hak kenyamanan bekerja. Sayangnya, sejauh ini ia rasakan, konsep pemerataan itu terlupakan. Karena yang mendapat kesempatan adalah mereka yang memiliki kelas. "Konsep pemerataan macam apa sekarang ini, banyak faktor yang menyekat antara hak-hak warga desa dengan warga kota atau menengah atas," tandas dia. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template