Perpusda Gelar Lomba Membaca Dongeng - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Perpusda Gelar Lomba Membaca Dongeng

Perpusda Gelar Lomba Membaca Dongeng

Written By Mang Raka on Sabtu, 09 April 2016 | 12.30.00

KARAWANG, RAKA- Untuk melatih siswa sekolah dasar (SD) yang ada di Kabupaten Karawang, Kantor Perpustakaan Daerah (Perpusda) Karawang berencana menggelar acara lomba membaca dongeng. Kegiatan ini rencananya akan digelar di Karawang Central Plaza (KCP) pada 18 April 2016.
Kepala Kantor Perpusda Karawang, Asep Maulana Miharza  mengatakan, sebanyak 60 siswa dari 30 kecamatan akan berlomba membacakan dongen asli daerah. Beberapa judul karangan dongen asli Karawang telah ditetapkan oleh Perpusda yakni cerita berjudul Perjalanan Syeh Quro, Syeh  Lemahabang, dan Sultan Said serta Cipucuk Caina Asin. "Masing-masing kecamatan akan diwakili dua orang. Selain itu, mereka merupakan dari siswa atau siswi kelas 4 SD dan MI. Dongeng yang dibacakan itu merupakan karangan dari penulis asal Karawang Darpan dan Yudiatna," ujar Asep, kepada Radar Karawang di ruang kerjanya.
Asep menjanjikan bagi para pemenang akan mendapatkan hadiah menarik berupa sertifikat, piala dan uang pembinaan. Sementara penilaian dalam lomba dibagi dalam beberapa aspek diantaranya adalah artikulasi peserta, lalu intonasi, teknik bercerita, gerakan peserta membaca dan kreativitas. "Peserta hanya tinggal membaca yang kemudian akan dinilai oleh 3 juri dari pelaku komunitas pembaca dongeng. Untuk juara 1 akan mewakili Karawang ditingkat Jawa Barat. Sebelumnya di tahun 2015 Karawang merupakan juara satu membaca dongeng di Jawa Barat," kata dia.
Tujuan lomba sendiri, kata Asep, merupakan upaya dalam meningkatkan minat baca anak. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan sebuah cara untuk meningkatkan eksistensi cerita lokal Karawang. "Cerita dongeng ini selalu mengajarkan kebaikan terhadap para anak. Tetapi saat ini anak-anak kurang meminati untuk membaca cerita lokal atau bahkan cerita nusantara," bebernya.
Asep menambahkan, even-even yang lebih besar dalam meningkatkan minta baca akan juga dilaksanakan di Karawang. "Even-even ini akan menimbuhkan minat-minat baca ke masyarakat," pungkasnya.(ega)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template