Penataan Administrasi Rendah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Penataan Administrasi Rendah

Penataan Administrasi Rendah

Written By Mang Raka on Senin, 11 April 2016 | 13.30.00

KESADARAN masyarakat terhadap pentingnya penataan administrasi secara perorangan masih rendah. Padahal tidak sedikit permasalah terjadi akibat persoalan kelengkapan adiministrasi kependudukan ini. Kendala administrasi dan penataan juga pengarsipannya pun kadang kurang diperhatikan. Bahkan nyaris sering menjadi kendala ketika di butuhkan seperti akte tanah, akte kelahiran hingga surat kesehatan.

Dijelaskan, Yayat (41) staf Aparatur Desa Cintalanggeng. Kendala teknis memang sering ditemukan namun kadang seperti dibiarkan tanpa pengarsipan yang baik dan penyimpanan data yang tidak serius. Kadang polemik timbul dikala masyarakat tersebut memang membutuhkan administrasi untuk sesuatu kebutuhan. “Kadang ada pula warga yang beberapa surat pentingnya hilang dengan satu alasan yang sangat tidak masuk akal. Seperti lupa dan tidak tahu dimana menyimpannya. Dan itu seperti sudah menjadi keterbiasaan yang kurang baik," ujarnya.
Inoh (33) warga Kampung Parakan Badak, Desa Mekarbuana, menyadari bahwa memang dirinya pun pernah mengalami hal seperti itu yaitu surat berharganya lupa menyimpan dan hingga sekarang masih menjadi permasalahan. “Saya sekarang bolak-balik ke Badan Pertanahan Nasional untuk mengurus perihal surat tanah saya yang hilang dan saya jujur kapok dengan permasalahan itu. Mungkin ke depannya akan saya simpan dengan aman hingga tida lagi mengalami hal serupa," katanya.
Dikatakan Yudi Hermawan SH, Seksi Kependudukan dan Catatan Sipil Kecamatan Tegalwaru, memang ada beberapa warga yang mengurus tentang Kartu Tanda Penduduknya dengan dalih hilang. Dan hal itu dirinya sangat selektif karena khawatir jika terjadi data ganda. “Maka syarat yang perlu diawasi sangat detail dan lengkap bagi warga yang kehilangan identitas dan hal itu pun mengimplementasikan bahwa tingkat kehati-hatian, baik admininstasri perorangan dan legalisasi yang lainnya kurang apik dan di simpan di tempat yang baik maka lupa pun sering terjadi," tandasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template