Pemerintah dan Perusahaan Harus Duduk Berdua - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemerintah dan Perusahaan Harus Duduk Berdua

Pemerintah dan Perusahaan Harus Duduk Berdua

Written By Mang Raka on Rabu, 13 April 2016 | 11.30.00

KARAWANG,RAKA- Langkah pemerintahan Cellica- Jimmy dengan terjun langsung ke setiap perusahaan yang ada di Karawang disambut baik. Ini guna mencari solusi terkait permasalahan tenaga kerja Karawang yang cukup besar penganggurannya. Namun dalam perjalanannya, kunjungan perusahaan yang menurut Jimmy dinamakan sidak, sedikit menimbulkan kegaduhan di kalangan perusahaan yang ada.
Manajemen Yamaha satu Pipin mengakui kalau sidak pemerintah Cellica- Jimmy merupakan langkah baik dan perlu diteruskan. Diharapkan hasil dari sidak atau kunjungan pabrik ini yang jadi fokus agar bisa diimplementasikan guna penyerapan tenaga kerja Karawang yang saat ini masih tinggi. "Langkah pemerintahan Cellica-Jimmy sangat bagus dengan mau mengunjungi pabrik- pabrik yang ada di kawasan. Namun memang di lain sisi diharapkan sidak ini lebih bersifat kunjungan pabrik, sehingga tujuan pemerintah dan kebutuhan pabrik akan dipertemukan di titik yang sama,"kata Pipin.
Dengan Cellica-Jimmy terjun langsung ke lapangan, kata Pipin diharapkan permasalahan yang ada muncul bisa dicari solusinya. Jangan sampai kunjungan Cellica- Jimmy tidak optimal mengingat setiap perusahaan akan merasa terbantu jika memang pemerintah membuka komunikasi dan duduk bersama untuk mengetahui kebutuhan pemerintah dan yang dibutuhkan perusahaan.
Pipin juga menilai langkah yang sudah dilakukan pemerintah melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Karawang saat ini dengan menggelar pelatihan dan pembinaan terhadap calon tenaga kerja sudah bagus sesuai kebutuhan pabrik yang ada di Karawang. Langkah seperti ini akan lebih optimal jika terus dilakukan Disnakertrans dengan memberikan pelatihan dan pembinaan terhadap tenaga kerja Karawang. "Sebetulnya yang dibutuhkan perusahaan di Karawang tenaga kerja lokal Karawang yang siap pakai. Dan perusahaan akan lebih menarik untuk merekrut tenaga kerja Karawang yang siap pakai, karena menguntungkan perusahaan," akui Pipin.
Dengan merekrut tenaga kerja Karawang yang siap pakai Pipin menjelaskan perusahaan menggap jauh lebih ekonomis. Karena dengan tenaga kerja lokal Karawang, tuntutan kebutuhan yang ada jauh lebih minim."Seperti Yamaha satu, kita sejak tiga tahun lalu sudah merekrut karyawan lokal Karawang lebih dari 60 persen. Itu bisa dilihat dari jumlah karyawan yang ada sekitar 80,7 persen tenaga kerja yang ada di Yamaha satu asli Karawang," kata Pipin.
Kepala Dians Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Karawang,A.Suroto mengatakan perusahaan wajib melakukan perekrutan melalui pintu Disnakertrans. Dimana kata Suroto, sebelum direkrut perusahaan, pihaknya melakukan pembinaan dan pelatihan terhadap tenaga kerja Karawang. "Kita mempersiapkan tenaga kerja Karawang,dan perusahaan wajib menerima pekerja Karawang sesuai Perda tenaga kerja tahun 2011," kata Suroto. (dri)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template