Pembangunan Rumah Sakit Tipe C Digantung - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pembangunan Rumah Sakit Tipe C Digantung

Pembangunan Rumah Sakit Tipe C Digantung

Written By Mang Raka on Sabtu, 16 April 2016 | 11.00.00

CILAMAYA KULON, RAKA - Rencana pemerintah kabupaten membangun rumah sakit tipe C di dua kecamatan, masih abu-abu. Selain belum jelas anggaran pembebasan lahan yang konon menelan 1 hektar lebih, lokasi yang disebut Dinas Kesehatan (Dinkes) seperti Rengasdengklok dan Lemahabang belum tentu terwujud.
Kepala UPTD Puskesmas Bayurlor, Aceng Alyudin mengatakan, urusan pembangunan rumah sakit tipe C ada di tangan Dinas Kesehatan. Jika memungkinkan, UPTD Puskesmas Bayurlor siap jika dijadikan rumah sakit tipe D sekalipun. Bedanya, kalau RS tipe D ada pelayanan dokter spesialis, tetapi tipe C jauh lebih lengkap.
Dirinya belum tahu detail dimana saja lokasi RS Tipe C akan dibangun Dinas Kesehatan tahun ini. Akan tetapi yang jelas, kalau membangun RS Tipe C lokasinya memang cukup strategis. "Kalau puskesmas kita strategis jika dijadikan RS Tipe D mah, hanya kalau tipe C kan spesialisnya lebih lengkap," ungkap dia.
Ketua TKSK Cilamaya Kulon, Badrudin mengatakan, kebutuhan masyarakat Kecamatan Cilamaya Kulon, Cilamaya Wetan, Tempuran dan Lemahabang akan hadirnya Rumah Sakit (RS) tipe C semakin mendesak. Dinas terus Badrudin, jangan khawatir perihal maraknya klinik di Jalur Cilamaya dan Lemahabang. Pemerintah harus hadir di tengah meningginya volume orang sakit saat ini. Apalagi, saat pelayanan BPJS semakin diacuhkan RS Swasta. Harusnya RS Tipe C ini bisa mengakomodir lebih dekat masyarakat 4 kecamatan yang berpenduduk lebih dari 100 ribu jiwa ini. Ia juga sarankan, agar lokasi jangan dijadikan kendala dinas untuk diwujudkan. Sebab yang terpenting, warga di 4 kecamatan ini bisa terakomodir layanan kesehatannya. "Jangan khawatir banyak klinik, itu kan swasta, yang pasti saat warga sakit, pemerintah hadir gak?," ujarnya.
Ditambahkan Badrudin,jika pemerintah tak mampu juga mendirikan RS Tipe C, mengapa dua kecamatan yang besar seperti Telagasari dan Lemahabang hingga saat ini masih dibiarkan memiliki 1 puskesmas. Ia berharap, pemerintah benar-benar mewujudkan Rumah Sakit tipe C tahun ini juga. "Puskesmas tidak ada pengembangan, rumah sakit tipe C juga tidak dibangun-bangun? Mau kemana masyarakat miskin saat sakit?," kata dia.
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Karawang dr Yuska Yasin saat disinggung kepastian pembangunan RS Tipe C tahun ini, sampai berita ini ditulis, yang bersangkutan belum memberikan balasan. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template