Pelabuhan Cilamaya Dipindah ke Patimban - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Pelabuhan Cilamaya Dipindah ke Patimban

Pelabuhan Cilamaya Dipindah ke Patimban

Written By Mang Raka on Rabu, 27 April 2016 | 17.59.00

-Mulai Dibangun 2017

TEMPURAN, RAKA - Lokasi pembangunan pelabuhan baru di pantura terjawab sudah. Pelabuhan Patimban di Kecamatan Pusakanagara, Kabupaten Subang, resmi jadi pelabuhan pengganti Cilamaya. Hal itu diungkapkan langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa, setelah keputusan itu diterima langsung dari Kementerian Koordinator (Kemenko) Maritim dan Sumber Daya di sela-sela rapat teknis, bersama pihak terkait termasuk Pemprov Jabar dan Kabupaten Subang.
"Proyek tersebut ditargetkan segera dilaksanakan pembangunan fisik tahap I mulai 2017, untuk mengejar operasional pada 2019," ujar Iwa di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Bandung, Selasa (26/4).
Sebenarnya kata Iwa, sejak tahun 2010 sudah ada pekerjaan infrastruktur di Patimban, dan pada tahun 2015 juga masih berlanjut dengan anggaran Rp 15 miliar dari APBN. Rencananya pembangunan tahap I fase I akan dianggarkan dalam APBN 2017 sebesar Rp 113,5 miliar oleh Kementerian Perhubungan. Dana itu untuk pembangunan terminal kontainer dan terminal kendaraan serta pengerukan 10 meter. Selain itu, Iwa memastikan untuk fisik pelabuhan tahap I fase I akan didanai pihak luar, salah satunya dari Jepang. "Pemerintah sudah menghitung setidaknya dibutuhkan dana lebih dari Rp 17 triliun sampai operasional berlangsung. Nantinya, pembangunan akan berlanjut ke fase II dan tahap II dengan kapasitas lebih besar," ujarnya.
Terkait kabar itu, sejumlah kepala desa di wilayah pesisir Karawang langsung bereaksi. Salah satunya Kades Sumberjaya, Kecamatan Tempuran, Kasman Ebod. Pelabuhan yang sebelumnya berlokasi di salah satu laut desanya yaitu di Kalenkalong, memaksanya harus menelan pil pahit sejak Wapres Jusuf Kalla membatalkannya tahun lalu. "Nanti saya tetap mau tanya ke bupati Rabu ini langsung, baik kebenaran pemindahan maupun upayanya selama ini," ungkapnya.
Senada dikatakan Kades Muara Baru, Kecamatan Cilamaya Wetan, Abdul Rojak, dirinya menyayangkan kalau pembangunan pelabuhan bukan di Karawang, atau wilayah dekat perbatasan pesisir Karawang. "Wah terlalu jauh itu (pembangunan pelabuhan di Patimban), tapi ini saya curiga masih ada muatan politis atau apa gitu," ungkapnya. (rud)

Pelabuhan Patimban
Lokasi
Kecamatan Pusakanagara, Kabupaten Subang

Luas lahan
400 hektare

Target pembangunan
Dimulai tahun 2017 selesai tahun 2019

Anggaran
Total
Rp 17 triliun
Pembangunan tahap I fase I
Rp 113,5 miliar dari APBN 2017

Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. siapa orang yg pertama menunjuk lokasi itu 😀😀😀😀😀😀😀😀😀😀😀😀😀😀😀😀😀😀😀😀😀😀😀😀😀😀😀😀😀😀😀😀😀😀😀😀😀😀😀😀😀😀😀😀😀

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template