Paskibra SMAN 1 Sukatani Juara Harapan 2 Tingkat Nasional - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Paskibra SMAN 1 Sukatani Juara Harapan 2 Tingkat Nasional

Paskibra SMAN 1 Sukatani Juara Harapan 2 Tingkat Nasional

Written By Mang Raka on Selasa, 19 April 2016 | 15.30.00

SUKATANI,RAKA - Para guru dan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Sukatani patut berbangga hati. Pasalnya, belum lama ini mereka meraih juara harapan 2 lomba baris berbaris (LBB) Paskibra tingkat Nasional. Dalam Perlombaan yang diselengarakan di Lapang Merdeka Kota Sukabumi itu diikuti hampir 73 SMK/SMA se-Indonesia.
"Alhamdulilah siswa kami keluar sebagai juara harapan mula 2 dalam perlombaan Sadega Competision se- nusantara, kemarin," ujar Rizki (28), guru sekilgus pelatih Paskibraka SMAN 1 Sukatani, Senin (18/4).
Dikatakan Rizki, sebelum mengikuti perlombaan para siswa terlebih dahulu mendapatkan pelatihan khusus, sehingga nantinya para siswa benar-benar kuat mulai dari fisik, mental serta keserasian gerakan secara menyeluruh. "Selama latihan memang ada beberapa anak yang cukup kesulitan dalam mengikuti gerakan yang saya instruksikan. Namun dengan latihan secara insentif satu minggu tiga kali selama satu bulan dapat teratasi," bebernya.
Hal senada juga dikatakan Dede Samsuri (28), pelatih paskibra SMAN 1 Sukatani lainnya. Beberapa kombinasi gerakan diberikan kepada anak-anak yaitu gerakan dasar baris berbaris dan variasi formasi. Seperti sikap sempurna, hadap kanan, hadap kiri, jalan di tempat. Meski begitu, para siswa masih saja tetap kesulitan dalam memadukan antara pelatihan dasar baris-berbaris dengan variasi tarian sesuai tema dengan kostum pewayangan pandawa lima. "Tapi alhamdulilah dengan semangat serta doa dari semua pihak kita dapat membawa pulang piala harapan mula 2," kata dia.
Hilda Nursipa (16), salah satu peserta paskibraka SMAN 1 Sukatani mengatakan, selama mengikuti latihan, dirinya mengaku cukup kesulitan dengan beberapa gerakan yang dikombinasikan dengan peserta lainnya. Namun, dengan giat berlatih semua gerakan dapat di pahami secara teratur. "Walau pun kita tidak juara pertama namun, tetap bersyukur dan akan terus berlatih secara maksimal lagi," ungkapnya.
Sementara itu, Nenah (45), salah satu guru di SMAN 1 Sukatani menjelaskan, ekstrakulikuler paskibra merupakan salah satu andalan sekolah dalam perlombaan- perlombaan yang dilaksanakan baik tingkat kabupaten, provinsi atau pun nasional. "Kegiatan tersebut, selain akan mengharumkan nama sekolah para siswa juga akan memiliki pengalaman di luar jam belajar,"ujarnya.
Lebih lanjut, Nenah berharap, para siswa yang telah mengikuti perlombaan jangan cepat berpuas diri. Dia meminta para anggota paskibra tetap berlatih guna meningkatkan skil yang sudah dimiliki. "Dan untuk para siswa yang belum memiliki kesempatan mewakili ke tingkat provinsi atau pun nasional jangan merasa putus asa, kesempatan itu akan selalu ada," tutupnya. (cr2)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template