Pasar Cikampek 1 Kembali Memanas - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pasar Cikampek 1 Kembali Memanas

Pasar Cikampek 1 Kembali Memanas

Written By Mang Raka on Senin, 11 April 2016 | 13.30.00

- IPPTU Persoalkan PT ALS dan PT Celebes

CIKAMPEK, RAKA- Suasana di Pasar Cikampek 1 kembali memanas, pasalnya organisasi Ketua Ikatan Pedagang Pasar Tradisional Bersatu (IPPTU) disebut-sebut oleh PT Aditya Laksana Sejahtera (ALS) telah ikut menyusun Perjanjian Kerjasama (PKS) antara PT Celebes Natural Propertindo dengan pemerintah daerah (pemda). Padahal IPPTU tidak pernah dilibatkan dalam penyusunan PKS tersebut.
"Perlu diklarifikasi. Kami (IPPTU) tidak pernah ikut menyusun PKS antara pemda dengan PT Celebes. Kami tidak pernah diajak bicara oleh pemda (peralihan pengelolaan pasar)," tegas Ketua IPPTU, H Deni Mukhtar, kepada RAKA, Minggu (10/4).
Dia menyampaikan, pihak PT ALS pada 6 April 2016 lalu, melayangkan surat kepada IPPTU bahwa terbentuknya PKS antara PT Celebes Natural Propertindo dengan Pemda Karawang telah diketahui oleh para pedagang. "Kami juga sudah melayangkan surat bantahan kepada PT ALS. Karena dalam surat yang dilayangkan ke kami dari ALS dikasih waktu 2X24 jam, jika tidak maka akan ditindaklanjuti secara hukum," jelasnya.
Deni menambahkan, selain persoalan adanya tudingan keterlibatan pedagang dalam menyusun PKS. Yang menjadi janggal juga terkait adanya poin yang sangat merugikan pedagangan dalam PKS antara pemda dengan PT Celebes Natural Propertindo. Dalam PKS itu, disebutkan pasal 12 huruf b No 6, menerbitkan izin mendirikan bangunan (IMB) atas nama pemda, dan pemda akan menerbitkan surat izin menempati bangunan (SIM B) atas nama pedagang. "Kami sebagai pedagang merasa dibohongi. Karena seharusnya yang dikeluarkan untuk pedagang itu SHGB. Bukan SIM B. Sebagaimana PKS awal antara pemda dan PT ALS," jelasnya.
Bahkan, tambah Deni, dampak dari  adanya PKS tersebut pedagang sudah mersasakan bentuk intimidasi dari pihak BPR. Dalam hal ini berkaitan dengn persoalan perkreditan. "BPR meminta untuk segera menyelesaikan pembayaran kios dengan ancaman akan dilikuidasi dan diproses secara hukum," paparnya.
Sementara Dewan Pembina IPPTU, Dede Setiabudi, menegaskan, siapapun pengelolanya, tidak dibenarkan untuk melakukan sikap otoriter. Bahkan jika ada sikap otoriter dan arogan yang bisa merugikan pedagang, IPPTU selaku organisasi pedagang akan melakukan perlawanan. "Bagi kami siapapun pengelolanya, yang berperilaku otoriter, maka jalan satu-satunya kami melawan. Pemda juga harus tanggung jawab atas SHGB yang seharusnya menjadi hak pedagang. Dan bertanggung jawab atas PKS yang dikeluarkan, bahwa kami tidak pernah dilibatkan dalam pembuatan PKS tersebut," pungkasnya. (zie)

Isi surat IPPTU yang dilayangkan ke PT ALS

Perlu meluruskn perjanjian kerjasama (PKS) yang diterbikn oleh pemda dengan PT Celebes. Disini kita selaku organisasi, dalam PKS itu disebutkann pasal 1 ketentuan umum huruf F no 10, yang bunyinya :
Bahwa persiapan untuk diadakan kerjasama BOT Pasar Cikampek 1, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, pihak ke II telah diketahui dan disepakati oleh para pedagang baik dari aspek jumlah dan harga kios/lapak dan jangka waktu pembayaran cicilan, sarana dan prasarana pendukung yang harus dikelola melalui rapat persentasi dihadapan para pedagang dan para pejabat dinas/instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang.
Bahwa IPPTU tidak pernah melibatkan diri dalam pembahasan salah satu butir bunyi PKS antara PT Celebes Natural Propertindo dengan Pemda Kab Karawang.
Sesuai dengan ketentuan organisasi sebagaimana tertuang dalam akta notaris SK Menteri Kehakiman dan Hak Azasi Manusia No: C.123.HT.03.01-Tahun 2004 tangal 26 Maret 2004, SK Kepala Badan Pertanahan Nasional No: 3-X.A-2005 tanggal 11 Februari 2005 pasal 5 ayat 2 mengatakan anggota organisasi ini adalah orang perorangan yang berdagang/berjualan di Pasar Pemda Cikampek.
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template