Orang Miskin Dijatah Rp 12 Miliar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Orang Miskin Dijatah Rp 12 Miliar

Orang Miskin Dijatah Rp 12 Miliar

Written By Mang Raka on Jumat, 22 April 2016 | 18.04.00

-Baru 36 Ribu Jiwa Nikmati Layanan Kesehatan Gratis

KARAWANG, RAKA – Warga miskin di Kabupaten Karawang rupanya harus berebut dengan warga lainnya yang senasib untuk memperoleh jaminan kesehatan gratis.
Pasalnya, dari 786 ribu orang miskin di Karawang yang terdata oleh Badan Pusat Statistik (BPS), baru 36.556 jiwa yang memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS). Pemegang kartu itupun diduga tidak semuanya miskin, karena berdasarkan pengakuan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, Yuska Yasin, beberapa waktu lalu, sejumlah program jaminan kesehatan yang diperuntukan bagi warga kurang mampu, masih dimanfaatkan orang mampu. Sehingga masih banyak warga yang benar-benar miskin tidak kebagian program layanan kesehatan gratis. "Banyak orang yang mengaku menjadi orang miskin padahal mampu, itu yang menjadi masalah," ujar Yuska.
Sementara tahun ini, Pemerintah Kabupaten Karawang mengucurkan anggaran Rp 12 miliar untuk warga miskin penerima bantuan iuran (PBI), agar mereka tidak lagi membayar iuran Kartu Indonesia Sehat (KIS). Namun, untuk mendapatkan layanan kesehatan di tingkat rumah sakit, warga miskin ini harus mendapatkan surat rujukan dari layanan kesehatan tingkat pertama semisal puskesmas. "Untuk PBI berlaku sistem rujukan, jika tingkat pertama tidak mampu menangani,” ungkap Kepala Unit Hukum Komunikasi Publik dan Kepatuhan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) Kesehatan, Ega Indriyati.
Diketahui, BPJS membagi tiga kelas ditambah khusus untuk warga tidak mampu yang menerima layanan kesehatan. Kelas I harus membayar iuran Rp 80 ribu, kelas II Rp 51 ribu, kelas III Rp 25 ribu, dan kelas untuk orang tidak mampu ditanggung oleh pemerintah. "Sisanya (warga miskin yang belum terdaftar) secara bertahap dikelola. Karena Kartu Sehat ini merupakan program Pemkab Karawang yang masuk dalam 100 hari kerja bupati dan wakil bupati," ujar Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana di acara penyerahan Kartu Indonesia Sehat di Desa Duren, Kecamatan Klari, baru-baru ini. (cr3/rk)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template