Optimalkan Potensi Industri Rumahan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Optimalkan Potensi Industri Rumahan

Optimalkan Potensi Industri Rumahan

Written By Mang Raka on Sabtu, 30 April 2016 | 11.30.00

PELUANG usaha mandiri perlu dimaksimalkan, sementara Objek wisata Karawang selatan belum berpengaruh besar ke industri-industri kecil, sehingga perlu adanya konsep bersama agar bisa merepresentasikan keberadaannya.
Seharusnya, dengan adanya beberapa objek wisata bisa berpengaruh baik kepada sektor industri skala rumahan di wilayah Kecamatan Tegalwaru. Akan tetapi, kenyataannya, hanya usaha skala besar yang merasakan adanya objek wisata. Padahal kreativitas industri skala kecil di Karawang selatan, mumpuni menjadi kompetitor kreatif unggulan yang mempunyai daya saing yang bagus di pasaran.
Sebenarnya, produk-produk industri skala kecil rumahan cukup baik di pasaran, terutama ketertarikan para pelancong animo untuk bisa dibawa sebagai oleh-oleh ciri khas sangat dibutuhkan. Sayangnya belum ada dukungan dari semua pihak, bahkan hanya segelintir saja yang mencoba membawa terobosan. Berbagai produk rumahan yang mempunyai nilai jual cukup lumayan ke para wisatawan antara lain terubuk.
Kini buah terubuk bisa dijadikang berbagai penganan dari Cup cake, sayur lodeh terubuk, martabak terubuk, dan terubuk kari. Selain keripik pisang yang biasa disebut lantak, saat ini pun sering menjadi buruan para pembeli, bahkan bisa tembus ke luar negeri, juga seperti, kopi robusta yang saat ini pun tengah digadang-gadangkan oleh Pemerintah Karawang. Akan tetapi sayangnya pemerintah lokalnya belum serius menggali potensi kearifan lokal agar bisa diakomodir secara berkelanjutan.
Mustopa, guru sekaligus pelaku industri penganan rumahan, keripik pisang mengakui, kemampuan produksinya saat ini bisa dalam skala besar, akan tetapi belum ada sarana untuk bisa mengakomodir hasil buah tangannya agar bisa dikenal banyak orang. Sementara itu dirinya hanya bertahan sampai ke para pembelinya datang sendiri. "Dagangan saya marketnya hanya dari mulut ke mulut saja, dan itu saat ini efektif," ujarnya, Jumat (29/4).
Sementara pemesannya sudah ada yang dari Saudi Arabia, taiwan juga hongkong. Namun saya juga menginginkan agar Pemerintah bisa membantu dengan mengupayakan olahan lokal bisa bertengger di etalase kios resmi olahan asli Karawang Selatan, supaya ada ciri khas seperti di tempat lainnya. "Sepertinya pemerintah hanya bisa mengetahui nya saja jika sudah berkembang besar,baru di pasarkan bahkan di gadang-gadang kan bahwa itu hasil kerja kerasnya,padahal atensi yang di butuhkan saat awal mereka membuka,kadang mereka selain dana juga butuh perhatian secara moral dan bisa di perhatikan," ucap Rian. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template