Nilai-nilai Pancasila Luntur - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Nilai-nilai Pancasila Luntur

Nilai-nilai Pancasila Luntur

Written By Mang Raka on Senin, 11 April 2016 | 14.00.00

- SMAN 5 Karawang Diajari 4 Pilar Bangsa

KARAWANG,RAKA- Ratusan siswa dan dewan guru Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Karawang mendapat kunjungan dari Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar Dadang S Muchtar. Dalam kesempatan itu, Dadang S Muchtar datang untuk mensosialisasikan empat pilar kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, UUD, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.
Menurut pria yang biasa disapa Dasim ini mengatakan, semakin maju perkembangan zaman empat pilar ini terlupakan. Dia sempat membandingkan zaman dulu dipastikan ada gambar Pancasila didinding ruang kelas namun kondisinya saat ini sudah berbeda, bahkan ada banyak kelas yang tidak memajang gambar Pancasila. “Namun sekarang saya lihat tidak ada. Artinya semakin memudar,” ujar Dasim.
Untuk itu, Dasim mengingatkan kembali, betapa pentingnya pemahaman Pancasila, UUD, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Selaku warga Negara Indonesia menurut dia wajib mengetahui dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. “Dalam Pancasila sudah mencakup semuanya. Termasuk beragam suku, agama, ras sudah dijelaskan. Pancasila dibuat melalui tirakat, tahajud supaya mencakup keadilan semuanya,” katanya.
Dengan demikian, Dasim mengharapkan, guru dan pelajar dapat memahami. Selanjutnya melakukan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya Karawang supaya menjadi pedoman dalam berbangsa dan bernegara. “Agar hidup rukun sesama umat,” bebernya.
Kepala SMAN 5 Karawang, Agus Setiawan, menyambut baik kedatangan Anggota Komisi II DPR RI kepada sekolah yang dia pimpin. Agus mengatakan, memang perlu ada sosialisasi mengenai pilar kebangsaan.  Maka itu, ia meminta mantan bupati itu untuk memberikan penjelasan kepada guru dan pelajar di SMAN yang dia pimpin. “Saya bangga bisa kedatangan pak Dadang S Muchtar ke SMAN 5. Peserta saya hadirkan kelas X,XI,XII dan semua guru. Diharapkan bisa bermanfaat pengetahui yang diberikan pak Dasim,”  tutupnya.(ega)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template