Nilai Matematika di Bawah Standar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Nilai Matematika di Bawah Standar

Nilai Matematika di Bawah Standar

Written By Mang Raka on Selasa, 26 April 2016 | 16.30.00

- Guru se-Wilayah IV Dikumpulkan

KOTABARU, RAKA- Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Sekdisdikpora)  Kabupaten Karawang, Asep Supriatna, mengakui nilai rata-rata siswa Karawang terhadap mata pelajaran Matematika (MTK) rendah, bahkan di bawah standar nasional. Untuk meningkatkan hal tersebut Disdikpora dengan menggandeng Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Aptasei) menggelar workshop pendidikan.
"Nilai standar (kelulusan) mata pelajaran MTK secara nasional 5,5, memang rata-rata nilai eksak siswa Karawang rendah, masih di bawah standar," ujar Asep, saat ditemui diacara workshop pendidikan di Kotabaru, Senin (25/4).
Dia menyampaikan, meski sebenarnya nilai ujian nasional (UN) saat ini bukan menjadi syarat kelulusan, tapi kualitas peserta didik akan mata pelajaran harus terus ditingkatkan. Terutama bagi mata pelajaran yang dianggap sulit yaitu pelajaran MTK. Dengan mengikuti kegiatan workshop, maka para guru bisa meningkatkan kemampuan dalam menyampaikan materi pelajaran matematika. Guru dilatih bagaimana metode pembelajaran yang mudah diterima oleh para peserta didik. "Biasanya pelajaran MTK itu ditakuti oleh siswa. Tapi kalau metode penyampaiannya enak. Anak seolah diajak bermain tentunya akan mudah diterima," jelasnya.
Terlebih, ada perbedaan kebiasaan yang dilakukan para peserta didik saat ini. Dia membandingkan, kalau dulu ada hafalan wajib perkalian, karena tidak ada alat bantu hitung yang bisa cepat. Berbeda dengan siswa sekarang, mulai dari kelas 4 menghitungnya sudah menggunakan kalkulator sehingga secara hafalan berkurang. "Kami harap ini bisa meningkatkan kualitas dewan guru dan targetnya bisa meningkatkan kualitas peserta didik," ujarnya.
Anang Sutarman, Koordinator UPTD PAUD/SD wilayah IV, menambahkan, kegiatan tersebut diikuti oleh 220 peserta yang terdiri dari guru se-wilayah IV, yaitu Kecamatan Purwasari, Kotabaru, Cikampek, Tirtamulya, Jatisari, Banyusari dan Cilamaya Wetan. "Masing-masing sekolah mengirimkan satu bahkan dua peserta. Animonya cukup tinggi, karena ini menjadi ajang pengembangan diri para guru," ujarnya.
Menurutnya, kegiatan workshop pendidikan ini baru pertama diadakan di Kabupaten Karawang. Bahkan digelar di 4 titik dengan dibagi perwilayah, kegiatannya digelar mulai tanggal 21 sampai 25 April. "Jadi ini wilayah terakhir. Tentu nanti akan ada evaluasi, jika hasilnya memuaskan, kemungkinan tahun depan akan dilakukan kegiatan serupa," ujarnya.(zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template