Motif Politik Dituding Hambat Eksekusi Putusan Pilkades - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Motif Politik Dituding Hambat Eksekusi Putusan Pilkades

Motif Politik Dituding Hambat Eksekusi Putusan Pilkades

Written By Mang Raka on Senin, 18 April 2016 | 13.00.00

CILAMAYA KULON, RAKA - Berjasa, itulah spekulasi yang disematkan bagi tiga Kades yang belum dicabut SK nya oleh Bupati Karawang Cellica Nurachdiana saat Pilkada akhir tahun 2015 lalu. Dalih alasan itu muncul, lantaran produk hukum yang ditegaskan dalam putusan Pengadilian Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) dan menolak Kasasi Pemkab di Mahkamah Agung (MA) lama dibiarkan tanpa eksekusi bupati.
"Kades Sumurgede, Kades Bengle dan Kades Situdam saat ini, mereka kan pendukung setianya Cellica Juga saat Pilkada, ada perintah pengadilan saja kesannya kan acuh, maklum berjasa mungkin. Atau sengaja tidak dicabut karena alasan PK, padahal kan PK gak halangi eksekusi juga," ungkap salah seorang warga Kecamatan Cilamaya Kulon yang meminta dirahasiakan namanya ini.
Anggota Komisi A DPRD Karawang, Asep Saefudin Zukhri mengungkapkan, dari hasil rapat bersama antara BPMPD, Kabag Hukum dan Kabag Pemerintahan berikut BPD dari 3 desa, eksekusinya tinggal menunggu keberanian kepala daerahnya. Komisi A jelas-jelas mendukung dilaksanakannya keputusan hukum dari PTTUN, apalagi kasasi Pemkab atas Pilkades 3 desa juga ditolak Mahkamah Agung (MA). "Komisi A sudah dukung hasil putusan dan pertimbangan hukum, masalahnya, berani atau tidak Cellica ini," ungkap mantan Kades Lemahmakmur Kecamatan Tempuran ini.
Sementara itu penggugat Pilkades Sumurgede Kecamatan Cilamaya Kulon, Dedi Mulyana mengatakan, alasan yang paling terlihat, baginya Pemda sengaja mencari celah untuk mengulur-ulur waktu dengan dalih upaya hukum luar biasa Peninjauan Kembali/PK. Padahal itu terbantahkan dengan Undang-Undang tentang ketentuan PK Mahkamah Agung (MA). Menurut dia, upaya PK pun tidak relevan pasca ketetapan MA. Ia memang tidak menampik adanya rumor perihal intervensi politik kades di 3 desa paska pilkada terhadap Bupati. "Disamping intervensi politik, pemkab seolah mengulur waktu, padahal itu tak bisa menghalangi eksekusi," jelas dia. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template