Monolog SMAN 1 Lemahabang Juara - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Monolog SMAN 1 Lemahabang Juara

Monolog SMAN 1 Lemahabang Juara

Written By Mang Raka on Senin, 25 April 2016 | 16.00.00

- Wakili Karawang Tingkat Jawa Barat

KARAWANG, RAKA- Dalam kegiatan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLSN) Kabupaten Karawang awal April kemarin , Sekolah Menegah Atas Negeri (SMAN) 1 Lemahabang (Salemba) berhasil meraih 3 piala dari 3 mata cabang lomba.
Khusus lomba peran monolog, sekolah yang berlokasi di Desa Kedawung ini, berhasil meraih juara 1 setelah pesertanya bernama Elis Setiani menyuguhkan perannya dengan tema "Nakeni, TKI yang di Bungkam".  Bahkan, berkat peran maksimal siswi asal Pulomulya itu, lomba monolog yang dimainkannya, mewakili Karawang ke tingkat Provinsi Jawa Barat Mei mendatang.  
Ditemui di sekolahnya, pemeran Nakeni, Elis Setiani mengatakan, seni peran monolognya berhasil memukau juri hingga diberi kepercayaan meraih juara 1. Menurut Elis, saat tampil dalam durasi 15 menit, dirinya sempat grogi, apalagi saat melihat lawan-lawan monolog lainnya dari SMA wilayah kota yang selalu menjadi unggulan. Tetapi, lewat tema seorang Nakeni yang Purna TKI ini, dirinya fokus memainkan peran penderitaan dan kepedihan TKI yang pasang surut mengarungi kehidupan. Bagi siswi kelas XI ini, memerankan pementasan sebenarnya sudah tidak asing, karena sebelumnya dirinya juga sering ikut lomba musikalisasi puisi (MP), hanya saja monolog ini dituntut agar lebih fokus bisa meraih kebanggaan semua orang, utamanya almamater. "Semoga dengan modal juara ini, saya punya banyak pengalaman seni dan bisa lebih fokus lagi," ujar Elis, kepada Radar Karawang kemarin.
Pelatih Teater SMAN 1 Lemahabang, Tedja Hudaya SPd mengatakan, rasa puas dan bangga tidak bisa dibendung saat anak didiknya memiliki talenta dalam bidang seni yang harus terus diasah dan kembangkan. Atas gelar juara Elis, pihaknya berharap tidak hanya puas dengan memiliki prestasi yang di miliki sekarang, tapi harus sudi lebih berproses lagi untuk meraih preatasi yang lebih baik. Menurut Tedja, peserta dari Salemba yang menjuarai monolog, sudah mempersiapkan sebelum adanya even FLSN. Selain latihan rutin yang sering dijalani, fokus pelatih dan pembinaan juga digemblengnya. Bukan saja melalui monolog, akan tetapi apapun yang berkaitan dengan seni selalu di asah dan dilatih. "Lomba monolog ini adalah lomba perdana yang kami ikuti, bangganya lagi bisa meraih juara 1 dan mewakili Karawang untuk mengikuti lomba tingkat provinsi," ungkap Tedja.
Tedja menambahkan, karena SMA-nya mewakili Karawang ke tingkat provinsi, kemungkinan tema yang akan diusung ditentukan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang dan rencananya memang mau mengumpulkan seluruh perwakilan atau yang meraih juara 1 dalam bermacam kejuaran pada hari Senin ini. Selain itu, pihaknya juga berencana mulai minggu depan atau hari Senin akan melengkapi persyaratan yang harus dilengkapi oleh para peserta. "Semoga saja segala sesuatunya bisa dilancarkan. Kita akan mewakili Karawang ke tingkat provinsi, teknikal meeting nya akan digelar minggu ini, kemungkinan lombanya akan digelar Mei mendatang," pungkasnya.(ega)

Cabang Lomba yang diraih SMAN Lemahabang dalam FLSN :
- Juara 1 Monolog (Elis Setiani)
- Juara 2 Indie Movie (Gia Gliciena, Rama Ambiya, Muhammad Cahyadi).
- Juara 2 Gitar Solo (Rama Tirtaloka)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template