Minim Sosialisasi EKTP Berlaku Seumur Hidup - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Minim Sosialisasi EKTP Berlaku Seumur Hidup

Minim Sosialisasi EKTP Berlaku Seumur Hidup

Written By Mang Raka on Rabu, 13 April 2016 | 13.30.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA-  Edaran Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) yang diteruskan  dengan edaran Bupati Karawang Nomor 470/1579/Dukcatpil tentang KTP berlaku seumur hidup tertanggal 14 Maret, nampaknya belum ampuh diterima beberapa Bank swasta di Karawang.
EKTP yang saat ini sudah dipegang masyarakat Karawang ternyata habis masa berlakunya sehingga dianggap tidak berlaku. Padalah e KTP meskipun tercantum masa berlaku dianggap Kemendagri berlaku seumur hidup.
Kasie Kependudukan Kecamatan Lemahabang, Ade Saepudin S.Ip mengatakan, pemberlakuan e KTP seumur hidup diakuinya masih kurang sosialisasi. Utamanya bank swasta di tingkat cabang.
Beberapa bank menolak pencairan, pembuatan rekening dan administrasi lainnya. Padahal e KTP dengan pemberlakuan seumur hidup itu tidak bisa diganti, kecuali hilang, pindah alamat, ganti status duda/janda dan rusak, bahkan digantipun bukan untuk difoto lagi, tetapi hanya pengajuan ke 4 syarat yang dimaksud. "Bank masih kurang sosialisasi, padahal edaran itu berlaku se Indonesia, karena mereka anggap eKTP yang lewat masa berlaku atau yang masih tertera itu bukan KTP seumur hidup," ungkap dia.
Ade menambahkan, kepada masyarakat yang masih memiliki e KTP, jangan hiraukan batasan waktu masa berlaku dalam e KTP. Karena apa yang sudah dipegang sejak 2011 sekalipun adalah e KTP seumur hidup. Kecuali ada 4 hal yang membuat e KTP mesti dibikin ulang.
Karena kalau soal kerusakan, ia kira blangko e KTP sebenarnya tergantung perawatan masing-masing, ada yang 5 tahun tetap bagus, ada pula yang 6 bulan yang tidak dirawat bisa cepat rusak. "Jangan hiraukan batasan berlaku e KTP yang sudah tercantum, tetap itu merupakan e KTP seumur hidup," ungkapnya.
Saat ini diakui Ade, terjadi penambahan perekaman e KTP, khusus anak-anak pelajar yang hendak lulus SMA/SMK. Karena untuk keperluan kerja dan masuk poerguruan tinggi, bahkan terjadi banyak penambahan pembuatan kartu kuning. Ia ingatkan bahwa foto pertama saat ini yang hendak dijadikan e KTP, adalah foto yang akan berlaku seumur hidup. Artinya meskipun berganti-ganti status, rusak atau pindah alamat hingga usia tua sekalipun, cetakan e KTP yang dikeluarkan Kemendagri melalui Disdukcatpil fotonya tetap akan sama tanpa dirubah-rubah, karena sekali direkam, maka berlaku sistemnya hingga seumur hidup. "Foto mah ganti-ganti KTP juga akan tetap itu yang berlaku seumur hidup," tandas dia.
Sementara itu Internal Control Audit Bank Mega Cabang Karawang Rudi Isdiantoro mengatakan, e KTP dengan masa berlaku habis tetap bisa berlaku di Bank Mega Syariah untuk pembuatan rekening maupun pencairan. Apalagi, bagi warga yang memiliki e KTP sudah tertera masa berlaku seumur hidup. "Di Bank Mega Syariah tidak kita tolak, e KTP habis berlakunya tetap diterima, apalagi yang seumur hidup," kata dia menyudahi. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template