Mimpi Ciptakan Kuliner Sehat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Mimpi Ciptakan Kuliner Sehat

Mimpi Ciptakan Kuliner Sehat

Written By Mang Raka on Kamis, 14 April 2016 | 12.00.00

TELAGASARI, RAKA - Setelah berhasil menyelamatkan buah dan tanaman asli endemik Karawang, Penyelia tanaman asal Desa Talagasari Wawan Kawista memiliki mimpi menciptakan kuliner dan minuman sehat melalui racikan alam herbal. Meskipun sudah membuka usaha "ayam cabe merah". Wawan berencana wujudkan teh manis tanpa gula, rendang daging salam koja hingga rokok herbal.
Semuanya akan disuguhkan lazimnya rumah makan bernuansa kearifan lokal Karawang, itupun jika ada investor berminat merealisasikan gagasannya itu. "Ya namanya juga keinginan, saya ingin bikin usaha kuliner herbal lazimnya rumah makan," ungkapnya kepada RAKA.
Wawan menambahkan, teh manis tanpa gula sudah bisa dibuatnya dengan racikan teh daun tiin dan dicampur dengan daun stephia yang manis saat dikunyah. Bahkan, jika konsumen inginkan rasa teh nya hangat, tinggal ditambah dengan daun min atau menthol yang semuanya sudah ditanam di pekarangan rumahnya.
Teh ini terus Wawan, ampuh antisipasi penyakit gula atau diabetes yang saat ini menjadi penyakit berbahaya di masyarakat. "Teh manis tanpa gula bisa ia ciptakan dengan hanya racikan daun-daun herbal yang sudah saya tanam sendiri," kata pencetus Cola Van Java lewat Kawista andalannya ini.
Wawan menambahkan, selain minuman, makanan yang sehat juga sebenarnya bisa diimbangi dengan rempah yang lezat dan sehat. Sebut saja daun  salam koja. Daun ini hanya tumbuh di Desa Blendung Kecamatan Klari dan belum dikembangkan. Sementara pengembangannya lebih banyak di Bogor. Salam koja ini tanaman asli dari Aceh. Daun itu menjadi penyedap rasa yang sehat dengan nama lain daun kari. Dirinya terus Wawan, ingin agar masyarakat yang mengkonsumsi makanan sehat bukan malah menimbulkan penyakit. Untuk itu, mengolah makanan dan menyedot market nantinya, dirinya bakal namai kuliner tersebut adalah " Ayam Tangkap Tangan " dan "Burung Tangkap Tangan" karena dengan keahlian tangan-tangan herbal, makanan yang dikonsumsi bisa menyehatkan. "Ada daun salam koja dan daun Legundi yang ampuh tumpas Tipes dan Asma," kata dia. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template