Miliaran Uang 'Hanyut' oleh Banjir - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Miliaran Uang 'Hanyut' oleh Banjir

Miliaran Uang 'Hanyut' oleh Banjir

Written By Mang Raka on Senin, 25 April 2016 | 13.00.00

-Pakisjaya Masih Terendam

KARAWANG, RAKA - Hujan deras yang melanda di wilayah hulu sungai Citarum, membuat dua desa di Kecamatan Pakisjaya masih terendam banjir. Kondisi itu diperparah dengan pasangnya air laut.
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan, dua desa yang terendam banjir yakni di Desa Telukbuyung dan Telukjaya. "Banjir setinggi satu meter itu mulai terjadi sekitar pukul 20.00 WIB (Jumat)," ungkap Sutopo Purwo Nugroho, Minggu (24/4).
Lebih jauh Sutopo menyebutkan, banjir mengakibatkan 1.242 KK atau 3.940 jiwa terdampak langsung oleh banjir. Banjir juga membuat 11 masjid, 2 sekolah, dan 198 hektare sawah terendam banjir. "Hingga saat ini masih banyak masyarakat yang mengungsi," imbuhnya.
Dikatakan Sutopo, untuk menangani banjir ini, BPBD Kabupaten Karawang bersama BPBD Jawa Barat, TNI, Polri, Basarnas, PMI, jajaran lainnya telah melakukan penanganan darurat. Petugas mendirikan posko, dapur umum, pos pelayanan kesehatan. Bantuan makanan siap makan telah didistribusikan ke pengungsi. Menurutnya, curah hujan tahun 2016 cenderung lebih lama dibandingkan dengan normalnya. Diperkirakan curah hujan ekstrem masih berpotensi hingga Mei 2016, yang kemudian memasuki masa kering pada Juni 2016 di sebagian besar wilayah barat Indonesia. "Masyarakat dihimbau untuk tetap waspada," saran Sutopo.
Sutopo juga mengungkapkan, banjir kali ini terjadi bukan hanya di tengah sungai, tetapi juga di bagian hilir sungai. Penyebab utama banjir adalah luapan sungai ditambah air laut pasang. "Sebagian besar banjir yang merendam wilayah di Jawa Barat kemarin telah surut. Banjir menyisakan lumpur dan kerugian ekonomi mencapai miliaran rupiah," ujar Sutopo.
Sementara itu, sedikitnya 1.053 jiwa di Kecamatan Telukjambe Barat dan Karawang Barat yang sempat mengungsi berangsur mulai kembali ke rumah masing-masing, setelah banjir yang menggenangi rumah mereka surut sejak Minggu (24/4). Sementara banjir masih menggenangi rumah warga di dua kecamatan lainnya yaitu Kecamatan Batujaya dan Kecamatan Pakisjaya.
“Sebagian daerah banjir memang mulai surut dan warga yang mengungsi juga sudah mulai kembali ke rumah. Hanya di beberapa desa yang masih mengalami banjir karena air belum juga surut,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang, Asip Suhendar, Minggu (24/4).
Menurut Asip, banjir terjadi di 4 kecamatan yaitu Kecamatan Telukjambe Barat, Karawang Barat, Batujaya, dan Pakisjaya. "Masih dua kecamatan yang terendam banjir yaitu di Kecamatan Batujaya dan Pakisjaya. Ada sekita 400 jiwa yang masih mengungsi,” katanya.
Camat Pakisjaya, Syueb H Sulaiman membenarkan jika dua desa di wilayahnya masih terendam banjir. "Iya ada cuma dua desa, Desa Telukbuyung sama Desa Telukjaya. Bapak juga baru pulang dari Pakis," tuturnya. (ops/yna/rk)

Data Banjir
Kecamatan Pakisjaya
Desa Telukbuyung
Desa Telukjaya
Korban
-3.940 jiwa
Bangunan
-11 masjid
-2 sekolah

Kecamatan Telukjambe Barat
Desa Karangligar
300 rumah terendam
1.072 jiwa mengungsi
Ketinggian banjir mencapai 2 meter


Kecamatan Rengasdengklok
Desa Rengasdengklok Selatan
-Satu Kepala Keluarga di Bojong Tugu dievakuasi

Kecamatan Batujaya
Desa Kutaampel
Desa Karyamakmur
Desa Segaran
-Tiga titik tanggul rapuh
-Warga membuat penahan air menggunakan karung berisi tanah

Kecamatan Karawang Barat
Kelurahan Tanjungmekar
Kelurahan Tanjungpura

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template