Menjelang Pesta Durian Nusantara 2016 (3/Habis) - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Menjelang Pesta Durian Nusantara 2016 (3/Habis)

Menjelang Pesta Durian Nusantara 2016 (3/Habis)

Written By Mang Raka on Jumat, 15 April 2016 | 12.00.00

Selain Enak, Durian Kaya Manfaat Sehat

Durian merupakan salah satu buah yang nikmat dan difavoritkan bagi sebagian orang. Manis, bau menyengat, warna buah kuning serta memiliki duri tajam merupakan ciri khas buah yang dijuluki King of Fruits alias rajanya buah-buahan.
Durian mengandung nutrisi berupa karbohidrat, protein, serat, vitamin B1, B2, vitamin C, kalsium, kalium serta fosfor yang sangat tinggi. Berbagai nutrisi tersebut membantu menjaga dan mempertahankan tubuh tetap sehat dan fit sepanjang hari.  “Kandungan nutrisi durian bagus, tapi kebanyakan orang di Indonesia sukanya makan durian yang matang, manis, wangi, yang bisa dicolek,” kata Samuel Oetoro, dokter spesialis gizi.
Pakar buah tropis Indonesia, Reza Tirtawinata mengatakan, durian lokal Indonesia jumlahnya terbatas karena baru ditanam secara mandiri di perkarangan, belum dalam satu hamparan perkebunan sehingga durian tersebut tidak banyak beredar di pasar modern bersama durian-durian dari Malaysia dan Thailand. "Jika dikalkulasikan secara kasar, luas kebun durian yang tersebar di seluruh Indonesia sebanyak 60.000 hektare. Ini bukan dalam satu kumpulan perkebunan, tapi terpencar-pencar di kebun-kebun milik masyarakat," katanya.
Dia mengatakan, perlu dilakukan upaya pelestarian agar keberadaan durian lokal di Indonesia dapat dipertahankan, dan dikembangkan agar mampu dikomersialisasikan secara luas seperti Thailand dan Malaysia. Karena menurutnya setiap negara memiliki durian unggulan yang laku dijual di pasaran, seperti dari Thailand, jenis durian komersial yakni Monthong dan Kan Your. Dari Malaysia, durian Musang King dan Ochee, dan dari Indonesia yakni durian Matahari.
Ia melanjutkan, pangsa pasar durian sangat luas. Hasil kajian yang dilakukannya, dari 100 orang, 52 persen suka durian, 28 persen sangat suka durian, delapan persen maniak durian, dan hanya beberapa persen yang tidak suka durian.
Melihat itu, hari ini hingga Minggu (17/4) Radar Karawang mengumpulkan berbagai macam durian dari berbagai daerah dalam Pesta Durian Nusantara 2016 yang digelar di Mall Karawang Central Plaza. Selain menjual berbagai durian unggul, terdapat juga bazar serba durian, yang menyuguhkan berbagai olahan durian seperti es krim, pancake, sop, jus, keripik, dan yang lainnya. Bursa tanaman dan bibit-bibit unggul durian akan menambah semarak pesta durian ini. Pengunjung tidak dikenakan biaya untuk masuk ke acara pesta durian tersebut. Dengan target pengunjung sebanyak 65.000 orang, panitia berharap acara tersebut meriah dan menghadirkan durian-durian yang banyak dicari masyarakat. (rk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template