Mekarbuana Dapat Gelar Desa Emas - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Mekarbuana Dapat Gelar Desa Emas

Mekarbuana Dapat Gelar Desa Emas

Written By ayah satria on Kamis, 21 April 2016 | 16.58.00

TEGALWARU, RAKA - Desa Mekarbuana diminta agar menjadi pionir desa yang mampu memberdayakan masyarakat dan sebagai penguat pemerintah melalui program-program strategis. Desa ini juga diarahkan bakal menjadi percontohan desa mandiri.
Hal itu terungkap ketika kunjungan Gubernur Jawa Barat H. Ahmad Heryawan, Rabu (20/4). Gubernur yang didampingi Bupati Cellica R. Nurrachadiana hadir sekaligus membuka acara Ngamumule Lembur (GNL) ke 4 di Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru. Kegiatan itu sendiri, terkait visi pemerintah Jawa Barat untuk Jawa Barat maju dan sejahtera untuk semua. Visi ini disambut Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) dengan program desa emas.
Kegiatan itu juga dihadiri jajaran muspida propinsi Jabar, muspida Kabupaten dan muspika Kecamatan serta kepala desa sekecamatan Tegalwaru. "Dalam peranannya penguatan perekonomian dilakukan melalui penguatan ekonomi pedesaan melalui berbagai regulasi ekonomi. Seperti Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan juga Desa Mekarbuana diharapkan bisa mengunggulkan hasil pertanian yang diharapkan menjadi ikon seperti kopi robusta dan manggisnya," ucap gubernur.
Bupati Cellica sendiri, usai sambutan Gubernur Heryawan, tidak menyangkal keunggulan Desa Mekarbuana sehingga pantas menyandang berbagai gelar. Apresiasi bupati ini memunculkan nama desa emas percontohan untuk gelar yang disandang Desa Mekarbuana. "Tujuannya untuk mengetahui kondisi terbaik dari berbagai desa yang ada di kecamatan Tegalwaru," tegas bupati Cellica.
Bupati juga berharap agar gelar desa emas itu juga nantinya mampu memicu desa-desa lainnya agar bisa menopang perekonomian masyarakat secara keseluruhan, khususnya penguatan usaha ekonomi perdesaan, seperti di bidang pertanian dan pariwisata.
Sementara di tempat terpisah, warga Kampung Jayanti, Ihwandi (40), mengungkapkan, dirinya menyambut baik kesempatan emas yang disediakan oleh pemerintah, dan masyarakat Kampung Jayanti akan coba akselerasi dengan kebijakan pemerintah di segala aspek yang tersedia. "Saya sangat bersyukur sekali dengan kegiatan yang dicanangkan untuk wilayah kami tentang desa emas yang bisa menjadi perubahaan bagi kami, serta diharapkan mampu menjadikan warga disini mandiri dengan berbagai potensi alam dan penunjang yang diberikan pemerintah agar lebih sejahtera lagi ke depannya," tutupnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template