Longsor Menerjang Sempur dan Calingcing - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Longsor Menerjang Sempur dan Calingcing

Longsor Menerjang Sempur dan Calingcing

Written By Mang Raka on Senin, 11 April 2016 | 12.00.00

TEGALWARU, RAKA – Beberapa titik lahan terjal yang ada di Kampung Sempur dan Calingcing, Desa Cintalaksana, mengalami longsor. Tidak ada korban atas kejadian itu namun akses jalan Setapak tertutup. Warga pun berswadaya membersihkan sisa bekas longsoran tersebut, Minggu (10/4).

Diperkirakan karena hujan lebat yang mengguyur sebagian wilayah Kecamatan Tegalwaru selama dua jam dengan derasnya hingga lahan pertanian perbukitan mikik warga sekitar Kampung Sempur di titik Tanjakan dan di ujung jalan beton Calincing mengalami Longsor. Bahkan material tanah sampai menutup jalan lingkungan itu hingga beberapa warga berinisiatif membersihkannya dengan cara bergotong royong hingga jam 10 pagi tadi jalan pun sudah bisa dipergunakan kembali.
Diterangkan, Emay (51) memang diduga karena hujan deras yang turun dan kontur tanah gembur membuat tanah tidak stabil dan akhirnya menjadi mudah terseret oleh deras air hingga mengelami longsor. Akan tetapi tanah tersebut belum sempat ditanami palawija hingga warga yang mempunyai lahan itu tidak terlalu banyak megalami kerugian.
“Agar warga yang melintas aman dan jalan pun bisa dipergunakan maka Pemerintah Desa Cinta Laksana dibantu masyarakat membersihkan sisa–sisa tanah yang menutup jalan tersebut dan Alhamdulilah sekarang telah normal kembali," imbuhnya.
Dikatakan Ayim (45) warga sebenarnya sekarang telah memahami pentingnya menanam tanaman penahan di beberapa lahan warga yang mudah terjadi longsor dan memang sudah berjalan dan bahkan sudah hampir 70% warga sudah melaksanakan penanaman pohon penahan. “Sebenarnya jika ditanam pohon yang kuat dengan akar-akar pencengkram yang baik, maka tanah yang berada disamping-samping perbukitan akan aman dari bahaya longsor. Saat ini memang beberapa warga sudah menjalani dan menanaminya hingga saat ini sekitar 200 petani sudah melaksanakan hal tersebut," akunya.
Sementara disela-sela kegiatan kerja bakti membersihkan material tanah tersebut, Ridho (35) mengatakan, untungnya masyarakat dan para aparatur desa Cintalaksana sigap menanggapi perihal itu hingga tidak sampai berlarut-larut permasalahnnya. “Makanya membersihkannya pun tidak memakan waktu lama dan hanya dua jam saja warga sudah bisa menikmati jalan yang aman dari material yang menutupi badan jalan lingkungan itu saat ini sudah normal kembali," pungkasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template