Limbah Medis Jadi Mainan Anak-anak - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Limbah Medis Jadi Mainan Anak-anak

Limbah Medis Jadi Mainan Anak-anak

Written By Mang Raka on Rabu, 13 April 2016 | 12.00.00

-Dijual Bebas di Plered

PURWAKARTA, RAKA - Orangtua di Kabupaten Purwakarta harus hati-hati dengan mainan anak-anak yang diduga berasal dari limbah medis. Beberapa diantaranya adalah sampah medis jenis spet atau alat suntik dan selang, yang diduga bekas infusan. Alat medis bekas itu dijual di warung-warung dan jadi mainan anak-anak.
Seorang pemilik warung di Desa Palinggihan, Kecamatan Plered, Darozatunisya (28) mengaku, mainan anak-anak yang memanfaatkan alat medis bekas seperti spet sudah lama beredar. Mainan tersebut bukan sengaja dibelinya dari di toko mainan atau di pasar, melainkan dipasok dari seseorang yang menitipkan ke warung-warung. "Harganya dijual cukup murah, Rp 1000. Banyak anak anak yang membeli untuk main dokter-dokteran atau bermain semprotan air. Kalau jarum suntiknya memang sudah tidak ada, jadi saya pikir tidak terlalu berbahaya," kata dia.
Bahkan alat suntik bekas itu pun dimodifikasi dengan selang kecil. Jika diperhatikan selang tersebut mirip dengan selang imfusan yang ada di rumah sakit, namun sudah dipotong-potong. Spet yang diduga dimodifikasi dengan selang infusan ini dimainkan anak anak untuk menyedot bagian kulit, hingga berubah merah seperti bekas trapi bekam.  "Anak-anak yang membeli mainan (sampah medis) ini rata-rata anak usia SD (sekolah dasar) dan TK (taman kanank kanak)," jelas Darozatunisya.
Selain warung di Kecamatan Plered, dari pantauan di lapangan mainan dari sampah medis ini juga banyak beredar di sejumlah warung yang ada kecamatan lain, diantranya Darangdan dan Tegalwaru.  Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Purwakarta saat dimintai keterangan terkait hal ini belum bisa memberikan keterangan resmi. Saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kepala Dinkes Kabupaten Purwakarta Anne Hediana Koesoemah tidak diangkat, begitu juga saat dikirim pesan singkat, pihaknya tidak merespon. (awk)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template