Lestarikan Kesenian Tradisional - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Lestarikan Kesenian Tradisional

Lestarikan Kesenian Tradisional

Written By Mang Raka on Sabtu, 30 April 2016 | 16.30.00

- Angklung SMPN 3 Karba? Makin Moncer

KARAWANG,RAKA – Alat musik angklu?ng yang terbuat dari bambu ini, kini bukan lagi alat kesenian  biasa, bukan lagi alat kesenian yang dimainkan saat zaman dahulu oleh orang pedesaan saja. Tetapi saat ini alat musik angklung bila dikemas menarik dan mewah seperti pertunjukan orkestra, alunan nada dari angklung ini terdengar indah dan nyaman bila dimainkan secara bersamaan.
Seperti halnya ekstrakulikuler (ekskul) angklung SMPN 3 Karawang Barat. Ekskul angklung yang baru di bentuk tahun 2012  ini, kini telah menjadi primadona masyarakat Karawang. Tak sedikit ekskul angklung SMPN 3 Karawang Barat diundang pada acara instansi pemerintahan dan acara-acara penting lainnya.
Saat ditemui diruangan angklung SMPN 3 Karawang Barat, Kiki Ayu Rizkia, guru seni budaya yang sekaligus pelatih dan pembina kesenian angklung sekolah tersebut, bercerita banyak bahwa angklung ini sebenernya baru di SMPN 3 Karawang Barat. Tetapi dengan semangat beberapa guru yang mendukung dan kepercayan penuh yang diberikan oleh kepala sekolah kepada pelatih, akhirnya kesenian angklung ini sekarang sudah mulai dikenal.  “Ekskul ini baru kita kembangkan sekitar 4 tahun lalu, tapi alhamdulilah kini sudah menjadi ekskul unggulan di sekolah," ujar Kiki, kepada Radar Karawang kemarin.?
Guru seni budaya yang ramah ini bercerita, bahwa pada awal dibentuk, ekskul ini sempat mengalami kesulitan dalam melatih kesenian angklung. Pasalnya, alat kesenian angklung ini bukan alat Kesenian yang mudah, apalagi menyatukan beberapa murid dalam satu alat  angklung itu tidak mudah. Tetapi dengan semangat para anak didiknya dan dorongan penuh yang diberikan kepala sekolah, sekarang ekskul SMPN 3 Karawang ini sudah kompak dan enak untuk didengar.
Menurut guru lulusan UPI Bandung ini, kesenian angklung bila dipadukan dengan seni gamelan dan lagu yang dibawakan pun dibuat berirama modern hasilnya indah untuk didengar.? Meskipun ekskul baru, tetapi angklung SMPN 3 Karawang ini tak sedikit menyabet juara dalam lomba-lomba tingkat  privinsi, diantaranya juara 3 lomba musik angklung Daeng Soetigna (Angklung Udjo) Bandung, dan juara 2 lomba angklung tingkat Pasanggiri Provinsi Jawa Barat.(ega)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template