KPU Mulai Kosongkan Kotak Suara - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » KPU Mulai Kosongkan Kotak Suara

KPU Mulai Kosongkan Kotak Suara

Written By Mang Raka on Selasa, 19 April 2016 | 16.30.00

PURWAKARTA, RAKA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purwakarta mulai melakukan pengosongan kotak suara yang ada di kantor yang beralamat di Jalan Plamboyan. Disaksikan jajaran kepolisian Polres Purwakarta, Kodim 0619 Purwakarta dan Kejari Purwakarta, sekitar 4500 kotak suara dikosongkan, Senin (18/4).
Ketua KPU Purwakarta, Deni Ahmad Haidar menegaskan, kotat suara yang ada di kantor KPU Kabupaten Purwakarta ini, masih berisi surat suara bekas Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2014, Pemilihan Legislatif (Pileg) DPR RI, DPRD Provinsi Jabar dan DPRD Kabupaten Purwakarta yang dilaksanakan pada 2014 lalu.
"Kotak suara yang ada saat ini sebanyak 4500-an surat suara, dan saat ini sesuai yang diperintahkan KPU pusat untuk mengosongkan kotak suara," kata Deni.
Pengosongan kotak suara yang dilakukan kata Deni, merupakan bagian dari upaya persiapan tahapan proses Pilkada Purwakarta yang akan digelar pada tahun 2018 mendatang. "Pengosongan surat suara ini merupakan bagian persiapan Pilkada Purwakarta yang rencananya akan digelar 2018 nanti, namun bisa saja berubah  jika ada revisi Undang-undang Pilkada pada tahun depan, maka bisa saja Pilkada Purwakarta bisa saja jadi digelar pada tahun 2017," kata dia.
Untuk kertas-kertas suara bekas pileg dan pilpres ini lanjut dia, rencananya akan dilelang setelah lima tahun dari pelaksanaan pilpres dan pileg 2015. Sedangkan untuk kotak suara lanjut dia, masih bisa dan akan digunakan pada perhelatan pesta demokrasi baik Pilkada maupun Pileg mendatang. "Kotak suara yang ada sejauh ini masih bagus demikian yang rusak akan disimpan, dan dilaporkan sesuai kondisinya ke KPU pusat, kemudian yang masih bagus akan digunakan kembali pada Pilkada Purwakarta kedepan," jelasnya.
Di tempat yang sama, Kapolres Purwakarta AKBP Trunoyudo Wisnu Andiko yang hadir dalam kegiatan tersebut mengaku, kehadiran polisi pada pelaksanaan pengosongan kotak suara di KPU Purwakarta, ini merupakan kesaksian sesuai permintaan KPU. "Kami hanya diminta sebagai saksi dan pengamanan saja, dan sejauh ini semua baik dan normatif," singkat dia. (awk)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template