KPMD Pegang Peran Penting di Pemerintahan Desa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » KPMD Pegang Peran Penting di Pemerintahan Desa

KPMD Pegang Peran Penting di Pemerintahan Desa

Written By Mang Raka on Sabtu, 30 April 2016 | 15.00.00

TELAGASARI, RAKA- Istilah Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) selama ini akrab dikenal di lingkungan PNPM Mandiri. Namun paska program perguliran dan pemberbdayaan itu dihapus sejak era Presiden Joko Widodo, KPMD masih bertahan dengan tugas dan wewenang yang berbeda menyesuaikan dengan pedoman UU Desa Nomor 6 tahun 2014.
Hal itu terungkap dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Dana Desa 2016 di lingkungan Kantor Kecamatan Telagasari Jumat (29/4).
Dikatakan Kasubnit PUEP BPMPD Karawang Asep Sudrajat dalam bimtek itu mempertanyakan tugas dan wewenang KPMD saat ini. Sebab yang jelas, KPMD era PNPM lebih mengacu pada Peraturan Organisasi (PTO) dan AD-ART UPK PNPM dibawah kendali Dirjen Pemberdayaan Masyarakt Desa (PMD).
Akan tetapi meskipun nama dan singkatannya sama, KPMD saat ini lahir atas amanah dari UU Desa. Karena dalam UU tersebut, ada dua yang disebut pendampingan desa, yaitu pendamping profesional seperti tenaga ahli dan pendamping sarjana, ada juga pendamping yang lebih dekat dengan desa secara otonom, yaitu KPMD.
Oleh karena KPMD ini lahir kembali dalam UU Desa, maka para personil di desa-desa dituntut lebih tahu tentang UU Desa secara lebih matang. Karena, KPMD adalah bagian yang mesti terlibat dalam setiap kegiatan perencanaan dan pembangunan desa. "Desa itu perlu KPMD karena pemerintah desa adalah berbasis masyarakat atau masyarakat berpemerintahan," tandas dia.
Ketua pelaksana kegiatan Pelatihan KPMD, Ono Rustono mengatakan, bimtek ini sangat diperlukan agar pengadministrasian dana desa yang bisa lebih rapi. Dengan acara ini, KPM dibekali ilmu agar menjadi lebih matang. Pelatihan sendiri, diselenggarakan sejak 2 hari hari terakhir yang diperuntukan bagi 7 desa. Sementara tahap 2 akan digelar bagi 7 desa lainnya pada tanggal 3-4 Mei mendatang. "Yang hadir itu KPM dari semua desa bertahap, disamping juga menghadirkan Kaur Ekbang desa, Sekdes dan Dirut BUMDes," ucap dia menyudahi. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template