Kopi Robusta Komoditi Unggulan Karawang Selatan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kopi Robusta Komoditi Unggulan Karawang Selatan

Kopi Robusta Komoditi Unggulan Karawang Selatan

Written By ayah satria on Kamis, 21 April 2016 | 16.59.00

TEGALWARU, RAKA - Potensi kopi robusta dan manggis Desa Mekarbuana diharapkan bisa menjadi unggulan terbaru Karawang Selatan. Tidak semua tanah cocok ditanami ke dua pohon tersebut, kecuali di daerah ketinggian.
Dusun Sirnaruju, Kampung Jayanti, Desa Mekarbuana merupakan salah satunya. Baik manggis maupun kopi tumbuh subur di daerah dengan ketinggian sekitar sekitar 600 Mdpl.
Seperti diungkapkan Camat Tegalwaru, Drs.H.Sujana, kopi robusta Karawang Selatan ternyata bisa bersaing di pasaran, bahkan sekarang menjadi kompetitor di pasar industri kopi Indonesia. Dirinya berharap di tahun 2016 bisa menyediakan kopi di pasaran secara menyeluruh hingga bisa bersaing dengan kopi yang sudah berkembang. "Begitu pun dengan Manggis buah tersebut harus bisa menjadi ikon Karawang selatan. Sementara buah manggis selain buah kulitnya pun bisa di jadikan obat yang sekarang sering dijadikan herbal," ucap camat, Rabu (20/4).
Sementara Ketua Kelompok Tani Desa Mekarbuana, H.Oib tidak menampik bahwa saat ini petani perbukitan mulai menyukai menanam kopi dan manggis di tiap-tiap kebunnya. Selain pendapatan kopi memberikan hasil yang lumayan juga kontur tanah yang memungkinkan di tanam jenis pohon-pohon tersebut. "Itu malah menjadi salah satu penambah pendapatan para petani selain menanam padi juga pohon kopi dan manggis bisa menjadi arep-arepkeuneuneun (harapan tambahan) para petani di wilayah perbukitan. Untungnya harga kopi stabil dan cepat terjual di pasaran," ujarnya.
Hadi (35), penikmat kopi asal Kampung Sirnalanggeng, Desa Kutalanggeng, menyampaikan dirinya mengakui kopi robusta dari wilayah Kampung Jayanti cukup enak, malah sekarang menjadi kopi andalan di wilayah Kecamatan Tegalwaru. Hanya saja penyajiannya masih biasa dan belum mempunyai kemasan yang formal. "Mungkin ditenggarai karena saat ini kan belum diakomodir dan disertakan packaging yang bisa merepresentasikan kopi yang sudah go market (dipasar). Mudah-mudahan bisa seperti kopi-kopi yang lainnya," ucapnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template