Koperasi Bodong Mulai Diburu - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Koperasi Bodong Mulai Diburu

Koperasi Bodong Mulai Diburu

Written By Mang Raka on Jumat, 15 April 2016 | 13.00.00

KARAWANG, RAKA - Keberadaan koperasi bodong yang meresahkan masyarakat mulai disisir oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karawang. Untuk tahap awal, dari 1.550 koperasi yang terdata, baru 40 koperasi yang disisir.
"Dari 40 koperasi itu ada satu koperasi yang bandel," ungkap Wasdal Dinas Koperasi dan UMKM Karawang, Heri Daryanto kepada Radar Karawang, Kamis (14/4) kemarin.
Ia melanjutkan, koperasi yang bernama KSU Bersama Mandiri di Jalan Klari, Desa Gintungkerta, Kecamatan Klari, akhirnya diberi surat peringatan kedua karena mengabaikan teguran sebelumnya. "Jika dalam batas akhir tetap tidak mau dibina, kami berhak membubarkan sementara kegiatan koperasi bermasalah tersebut," ujarnya.
Menurut Heri ada beberapa hal yang wajib dilakukan oleh koperasi jika ingin tetap diakui keberadaannya. Diantaranya ada rapat anggota (RAT) yang didalamnya terdapat laporan pertanggungjawaban pengurus, laporan pengawas koperasi dan adanya rencana kerja koperasi. Kalau ketiga hal itu tidak dilakukan, kata Heri, pihaknya bisa meminta bantuan polisi untuk melakukan tindakan sesuai Peraturan Menteri Koperasi tahun 2015. "Kita akan menindak koperasi yang tidak melakukan tiga hal itu, terkait koperasi berbunga besar dalam aktivitas pinjaman itu diluar Dinas Koperasi dan UMKM," terangnya.
Terkait jeratan utang koperasi yang menyusahkan masyarakat, ternyata pernah dialami oleh Nengsih warga Jayakerta. Ia mengaku pernah meminjam sejumlah uang kepada koperasi yang datang ke wilayahnya. "Cukup mengajukan pinjaman, jika hari itu orangnya bawa duit bisa langsung cair. Jika tidak paling lama satu mingguan sudah bisa cair," akunya.
Tapi setelah meminjam uang, Nengsih mengaku pusing membayar setoran. Alhasil, dia berinisiatif meminjam utang kepada koperasi lain. "Ya akhirnya memang membuat pusing sendiri, gali lubang tutup lubang," terangnya.
Sementara itu, hingga berita ini diturunkan pengurus koperasi KSU Bersama Mandiri belum berhasil dikonfirmasi. (dri)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template