Ketua DPRD Undang Investor - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ketua DPRD Undang Investor

Ketua DPRD Undang Investor

Written By Mang Raka on Senin, 25 April 2016 | 13.30.00

KARAWANG, RAKA - Ketua DPRD Karawang Toto Suripto mengharapkan adanya investor yang mau mereklamasi Pesisir Pantai Utara Kabupaten Karawang, yang semakin lama semakin terkikis karena abrasi.  Sebab, kata dia, selain bisa menyelamatkan warga dari abrasi juga bisa meningkatkan perekonomian warga sekitar.

"Kalau ada investor silahkan saja, kami akan mendukung, karena ikan juga sudah susah, kan kalau ada reklamasi, penduduk sekitar bisa punya mata pencaharian baru," kata Toto Suripto, Minggu (24/4).
Toto menjelaskan apapun bentuk reklamasinya baik pembangunan infrastruktur maupun penanaman pohon, DPRD Kabupaten Karawang, siap mendukungnya. "Kalau dengan reklamasi kan bisa menambah tanah, yang tadinya tidak ada menjadi ada, jadi luas daratan tentunya bakal bertambah, bukannya terkikis terus," kata dia.
Toto juga menambahkan dengan adanya reklamasi bisa juga menambah Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Karawang, "Yang pasti dengan reklamasi ini akan banyak manfaatnya bagi Pemerintah Kabupaten Karawang," katanya.
Salah seorang warga Pisangan, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang Karsudin (40) menyatakan hampir setiap dua-tiga bulan sekali, warga Pisangan membuat tanggul darurat di wilayahnya, karena khawatir dengan abrasi tersebut. "Tapi tanggul pencegah abrasi ini tak akan mungkin bertahan lama, kita butuh bantuan Pemkab Karawang, dalam penanganan abrasi ini, agar warga Pisangan merasa aman," kata Karsudin, Minggu (24/4).
Hal senada dikatakan Sulaiman (50). Menurutnya jika warga tak bekerja bakti dalam pembuatan tanggul darurat pencegah abrasi, dipastikan kampungnya akan hancur oleh ombak. "Ombaknya semakin hari semakin besar, Pemerintah seharusnya lebih peduli terhadap keadaan kami, mentang-mentang kami jauh, padahal kami masih bagian dari Kabupaten Karawang," ucapnya.
Sementara meski perusahaan di Kabupaten Karawang jumlahnya mencapai 1486 perusahaan, hanya segelintir saja yang peduli mengenai abrasi, padahal keadaan Pesisir Pantai Utara Kabupaten Karawang makin hari makin memprihatinkan. Dari data yang dihimpun di lapangan, yang membantu proses pencegahan abrasi ini diantaranya Toyota Motor Manufacturing Indonesia, yang telah menanam mangrove di sepanjang Pesisir Pantai Utara di kawasan Pisangan.
Padahal seperti diketahui, potensi Pantai Utara ini sangat besar, karena berbagai infrastruktur pendukung akan segera dibangun di Karawang, seperti bandara, kereta cepat dan perbaikan jalan. Bahkan Bupati Karawang, Cellica Nurrachdiana, menyatakan bahwa selain infrastruktur tadi, ada kemungkinan besar, akan ada pembangunan pelabuhan di Kabupaten Karawang. (ops)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. waduuuh pejabat karawang mau bikin solusi atau mau jadi temannya sanusi DPRD DKI, ikan udah susah bikin laut itu ekologi hayati yg seimbang bukan direklamasi, hati2 ah kalau punya ide itu yg komprehensip...

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template