Kerusakan Jalan Interchange Tak Tercatat di SK Kemen PU - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kerusakan Jalan Interchange Tak Tercatat di SK Kemen PU

Kerusakan Jalan Interchange Tak Tercatat di SK Kemen PU

Written By Mang Raka on Rabu, 13 April 2016 | 14.00.00

KARAWANG, RAKA - Pembiaran terhadap kerusakan Jalan Interchange Karawang Barat yang kondisinya sangat membahayakan pengguna jalan, akhirnya terjawab. Ternyata, itu terjadi lantaran kiondisi jalan itu tidak tercantumkan dalam surat keputusan (SK) Kementrian Pekerjaan Umum (Kemen PU). Padahal, kerusakan jalan negara itu sudah lama dikeluhkan warga.

"Pertama karena tumpang tindih kewenangan, kemudian setelah ditelusuri ternyata belum masuk ke SK Kemen PU. Jadi proses perbaikan Jalan Interchange itu memang rumit," ujar Acep Jamhuri, Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan, Selasa (12/4).
Upaya pemkab, kata Acep, sekarang ini sedang mengusulkan kepada pemerintah pusat agar jalan itu bisa diperbaiki, artinya bisa dimasukan kepada SK Kemen PU. Karena, hasil koordinasi dengan pihak Jasa Marga, mereka hanya menyanggupi perbaikan sepanjang 200 meter saja. "Detail Enggenering Desain (DED) yang kami usulkan adalah empat jalur dengan median. Anggarannya kisaran Rp 420 miliar, karena juga termasuk pelebaran jalan yang panjangannya puluhan kilometer itu," terang Acep.
Selain jalan negara, Dinas Bina Marga dan Pengairan Karawang juga sedang mengusulkan perbaikan jalan yang diprioritaskan kepada pemerintah provinsi. Diantaranya sepanjang Jalan Johar Cikalong yang panjangnya sekitar 30 kilometer dengan anggaran Rp 40 miliar, sepanjang jalan dari Johar hingga Karasak (Jalan Syech Quro) dan pembangunan Jembatan Walahar yang dianggarkan Rp 120 miliar. "Usulan prioritas ke pemerintah provinsi tersebut untuk mendukung sektor pertanian," terang Acep.
Kemudian, lanjut dia, ada juga usulan untuk menanggulangi masalah abrasi di sepanjang pesisir utara Karawang yang anggarannya mencapai Rp 70 miliar. "Usulan prioritas utama sudah diajukan kepada pemerintah provinsi. Selanjutnya kami tinggal menunggu berapa yang direalisaiskan," tuturnya.
Selanjutnya, usulan yang diajukan ke pemerintah provinsi adalah perbaikan jalan Pawarengan-Tirtasari, jalan Rengasdengklok-Sungaibuntu, jalan Johar-Badami-Pangkalan dan Cikalong-Cilamaya. "Semua sudah kami inventarisir, wilayah provinsi kami ajukan ke provinsi dan wilayah pusat kami ajukan ke pusat," pungkasnya.(ops)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template