Kepala Desa Diminta Data TPS Liar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kepala Desa Diminta Data TPS Liar

Kepala Desa Diminta Data TPS Liar

Written By Mang Raka on Jumat, 22 April 2016 | 15.30.00

CIKAMPEK,  RAKA-  Kecamatan Cikampek merupakan salah satu kecamatan yang dipenuhi oleh tempat pembuangan sampah (TPS) liar, seperti yang ada disepanjang rel kereta api Cikampek Kota sampai Pawarengan. Padahal kondisi tersebut membuat lingkungan kotor serta bisa menjadi memunculkan penyakit dan menimbulkan bau tidak sedap.
H Samsudin (54), warga Desa Cikampek Kota, menyampaikan, adanya TPS liar disamping rel kereta api tersebut sangat mengganggu kebersihan lingkungan. Kondisi itu juga jelas mengancam kesehatan masyarakat, kemudian membat lingkungan kotor. "Seharusnya dibuatkan saja tempat seperti bak tempat sampah di lokasi itu. Jangan seperti sekarang banyak tumpukan sampah yang berserakan," ujar Samsudin, Kamis (21/4).
Dia menyampaikan, pihak dinas terkait harus turun tangan mengatasi sampah-sampah yang dibuang sembarangan di wilayah Cikampek. Sebab jika dibiarkan persoalan sampah itu akan menimbulkan berbagai macam wabah penyakit. "Sudah lama keberadaan tumpukan sampah di samping rel kereta api. Ini masuk wilayah Desa Cikampek Barat, kalau tidak salah," ujarnya.
Bukan hanya di jalur poros Desa Cikampek Kota – Underpass Pawarengan saja. Ada beberapa tempat yang dijadikan TPS liar di wilayah Cikampek.
Untuk itu, Samsudin meminta kepada pihak pemerintahan desa, pemerintahan Kecamatan Cikampek. Agar melokasir tempat-tempat resmi di wilayah Kecamatan  Cikampek. "Kalau bisa setiap desa di Kecamatan Cikampek dibuatkan tempat pembuangan sampah sementara. Sehingga sampah-sampah itu secara teratur diangkut ke Tempat Pembuangan Ahir (TPA) di Jalupang," ujarnya.
Sekretaris Kecamatatan (Sekcam) Cikampek, Purwadi,S.Ip MM mengimbau kepada para kepala desa di Kecamatan Cikampek, agar mendata tempat-tempat yang dijadikan pembuangan sampah liar di setiap desanya. Kemudian kades melakukan imbauan secara berkala kepada warga, agar tidak membuang sampah sembarangan. Mengingat kesehatan masyarakat terancam atas banyaknya sampai liar tersebut. "Saya minta kepada para kepala desa di wilayah Kecamatan Cikampek. Agar mendata titik mana saja yang dijadikan tempat pembuangan sampah liar," ujarnya.
Persoalan sampah itu sudah jadi persoalan tersendiri di berbagai di kota-kota besar. Oleh karena itu, penanganan sampah itu jangan dianggap enteng oleh setiap pemdes. Pemdes harus turun tangan menyikapi banyaknya tempat pembuangan sampah liar di setiap desanya. "Setiap pemdes harus pro aktif mengajukan ke dinas terkait. Agar dibangun tempat pembuangan sampah sementara disetiap wilayah desa. Sehingga mempermudah para petugas kebersihan untuk mengangkut sampah-sampah yang ada di wilayah kecamatan Cikampek," ungkapnya. (zie)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template