Kawasan Industri di Karawang Sesalkan Yusuf Kalla - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kawasan Industri di Karawang Sesalkan Yusuf Kalla

Kawasan Industri di Karawang Sesalkan Yusuf Kalla

Written By Mang Raka on Kamis, 28 April 2016 | 15.00.00

KARAWANG, RAKA - Bergesernya rencana lokasi pembangunan pelabuhan internasional Cilamaya yang sebelumnya direncanakan akan dibangun di Kecamatan Tempuran di bagian utara Karawang ke Pantai Patimban, Subang, tak pelak mengundang reaksi banyak pihak. Kemarin (27/4) Wakil Bupati Ahmad Zamakhsyari terang-terangan menyatakan kekecewaannya terhadap Wakil Presiden Yusuf Kalla.

"Wapres baru datang sekali kok sudah langsung membatalkan. Jujur kami sangat kecewa, padahal dengan pembangunan pelabuhan tersebut bisa menunjang industri di Karawang," kata Jimmy, panggilan akrab Wakil Bupati Kabupaten Karawang, Ahmad Zamakhsyari, di Graha Karawang International Industrial City.
Padahal menurut Jimmy, untuk merencanakan pelabuhan tersebut, Pemerintah Kabupaten Karawang, sudah melakukan studi selama enam tahun pembangunan. "Jadi saya tegaskan, saya kecewa kepada Pak Jusuf Kalla," ujarnya.
Hal senada dikatakan Kepala Badan Perencanaan Daerah, Eka Sanatha. Menurutnya, pihak-pihak dari industri yang ada di Kabupaten Karawang mengeluhkan gagalnya pembangunan pelabuhan tersebut. Namun meski gagal dibangun oleh pemerintah, Eka menyatakan tidak menutup kemungkinan pembangunan pelabuhan ini bisa dibangun oleh pihak swasta karena kebutuhan pelabuhan tersebut dinilai penting.
"Magnet industri di Kabupaten Karawang sangat tinggi, seharusnya pelaku industri diberikan kemudahan, khususnya dalam bidang transportasi, karena dengan adanya fasilitas pelabuhan ini akan memperkecil biaya," katanya. Dari kajian ilmiah pun menurut Eka, wilayah Cilamaya di Kabupaten Karawang sangat cocok untuk dibangun pelabuhan. Banyak aspek yang mendukung pembangunan pelabuhan tersebut.
Kepala Divisi Pelayanan Kawasan, Karawang International Industry City, Adi Priatno juga menginginkan adanya pelabuhan di Cilamaya tersebut. "Dengan dibangunnya pelabuhan ini, jelas akan mengurangi cost, sehingga akan lebih menguntungkan bagi industri-industri yang jumlahnya ribuan di Karawang ini," katanya.
Meski tidak jadi dibangun, Adi menyerahkan sepenuhnya hal ini kepada Pemerintah Daerah di Kabupaten Karawang. "Pemda tahu yang terbaik buat kami, pasti akan memberikan solusi terbaik bagi industri-industri yang ada," ujarnya. (ops)
Berbagi Artikel :

4 komentar:

  1. proyek ilang dong hahaaaa,,,

    BalasHapus
  2. Wios kang etang2 bagi2 kue pembangunan ka tetangga kabupaten,yg terpenting bagi Pemda Karawang bisa mengoftimalkan PAD dari Industri2 yg sudah ataupun mau invest di karawang agar bisa menaikan angka APBD Karawang agar Karawang makin maju pesat dan bisa menyejahterakan warganya.

    BalasHapus
  3. 3thn silam lokasi itu kutunjukan .. seingat saya comet di raka . tapi bukan emil ini.

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template