Karang Sendulang, Surga dari Kumuhnya Pasirputih - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Karang Sendulang, Surga dari Kumuhnya Pasirputih

Karang Sendulang, Surga dari Kumuhnya Pasirputih

Written By Mang Raka on Senin, 25 April 2016 | 17.30.00

-Air Jernih, Terumbu Karang Hingga Ikan Anemon

CILAMAYA KULON, RAKA - Menjadi muara dari berbagai macam limbah dari sungai-sungai besar di Jawa Barat, bukan berarti laut di Karawang kotor. Tidak banyak yang tahu jika di tengah laut utara Karawang, ternyata menyimpan kekayaan biota indah yang masih terselamatkan di tengah ancaman illegal fishing puluhan tahun terakhir.
Dari luas pantai 86,8 mil, biota laut seperti terumbu karang dan aneka ikan anemon masih bisa dilihat hanya di laut Tanjungbaru dan Pasirputih, Desa Sukajaya, Kecamatan Cilamaya Kulon.
"Laut di Karawang itu banyak, ada Pakisjaya, Pisangan, Sungaibuntu dan Ciparage. Tapi biota yang masih terselamatkan hanya ada di Pasirputih dan Tanjungbaru ini," ungkap Ketua Kelompok Pengawas Masyarakat Pesisir (Pokmaswas) Mina Jaladri Pasirputih, Suhaeri akhir pekan kemarin.
Dengan menggunakan kapal speedboat inventaris Pemerintah Provinsi Jawa Barat kepada Pokmaswas, dirinya bersama Dinas Perikanan dan Kelautan beserta rombongan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), langsung ke lokasi Karang Sendulang yang jaraknya hanya bisa ditempuh 25 menit dari pantai Pasirputih. Setelah melakukan penyelaman, ternyata aneka ragam biota luat masih terjaga. Melalui jepretan kamera anti air, satu persatu dirinya memotret ikan-ikan dan karang bawah laut Karawang. "Ternyata lebih indah dari Pangandaran dan Indramayu. Tapi sayang sekelas bupati atau camat belum tahu kekayaan ini," tuturnya.
Ia melanjutkan, Karang Sendulang seluas 5 hektare dihuni biota laut seperti ikan anemon yang selalu diburu kalangan menengah atas, kakap merah, kakap putih dan terumbu karang dengan lumutnya yang bagus serta berwarna lengkap. "Karena yang masih asri ini cuma di Pasirputih, saya akan terus menjaga dari pencurian karang dan alat-alat tangkap tidak ramah lingkungan," ujarnya.
Berkat temuannya itu, dirinya sebagai Pokmaswas Mina Jaladri ditunjuk mewakili Karawang dalam lomba kinerja Pokmaswas dalam pencegahan illegal fishing tingkat Provinsi Jawa Barat, bahkan sudah direkomendasikan ke tingkat nasional. "Lomba itu mempertimbangkan soal kinerja Pokmaswas dalam pencegahan illegal fishing, dan upaya melarang beroperasinya kapal-kapal nelayan di Karawang dengan alat tangkap tidak ramah lingkungan," tuturnya.
Camat Cilamaya Kulon Dida Rayendra Safirman saat disodorkan satu persatu gambar biota laut Karang Sendulang di Pasirputih, Desa Sukajaya, sempat mempertanyakan dimana lokasi tersebut berada. Saat disebut bahwa lokasi cantik itu adalah di Pasirputih, dirinya balik merasa kagum dan nyaris tidak percaya ada keindahan laut di wilayahnya itu. "Gambar dimana eta? Bagus itu, wajib dikelola dengan baik," imbaunya. (rud)


Data Laut Pasirputih
Luas
86,8 mil

Lokasi Karang Sendulang
25 menit dari bibir Pantai Pasirputih
Luas
5 hektare

Biota Laut
Ikan: 
Anemon
Kakap merah
Kakap putih
Terumbu karang

Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. Kekayaan yang sangat berharga perlu kita lestarikan jaga dari kerusakan. harus ada perhatian dari pemerintah

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template